Prarisma, Julindah Adi (2022) ANALISIS KINERJA SIMPANG GAUNG DENGAN SIMULASI MIKROSKOPIK MENGGUNAKAN SOFTWARE VISSIM. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version Download (148kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version Download (226kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V Penutup.pdf - Published Version Download (51kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (253kB) |
|
Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Lalu lintas yang padat menyebabkan pergerakan lalu lintas yang tidak stabil pada persimpangan antara jalan Bypass dan Sutan Syahrir (Simpang Gaung). Penyebab lain adalah adanya konflik lalu lintas persimpangan dan perlintasan kereta api. Penelitian terdahulu telah melakukan perencanaan simpang tak sebidang/simpang susun sebagai solusi permasalahan pada lokasi tersebut yang menghasilkan geometrik simpang tak sebidang tipe double directional dengan umur pelayan 20 tahun (2025-2045). Maka penelitian ini ajukan guna untuk melihat secara visual bagaimana pengaruh simpang tak sebidang terhadap arus lalu lintas di umur pelayanan serta mengetahui apakah simpang tak sebidang mampu menampung arus lalu lintas hingga akhir umur pelayanan. Penelitian dilakukan dengan memodelkan simpang sebelum ada simpang susun (Sebidang) dan simpang tak sebidang (Simpang Susun) pada kondisi lalu lintas tanpa kereta dan lalu lintas saat ada kereta menggunakan simulasi mikroskopik berbasis Software Vissim dengan menetapkan ukuran parameter: panjang antrian rata-rata, panjang antrian maksimum, volume, tundaan dan waktu tempuh. Setelah dilakukan pemodelan dan simulasi didapatkan perencanaan simpang tak sebidang/simpang susun terbukti mampu menurunkan nilai parameter yaitu pada kondisi lalu lintas tanpa kereta simpang susun mampu menurunkan panjang antrian rata-rata sebesar 91 %, tundaan rata-rata sebesar 76,7 % dan meningkatkan volume rata-rata yang dapat ditampung 28,8 %, pada kondisi lalu lintas saat ada kereta lewat simpang susun mampu menurunkan nilai panjang antrian rata-rata sebesar 93,7 %, tundaan rata-rata sebesar 84,2 % dan mampu meningkatkan volume rata-rata yang dapat ditampung sebesar 57,5 % serta dapat mengurangi waktu tempuh. Berdasarkan hasil simulasi tersebut simpang susun dapat meningkatkan pelayanan yang lebih baik dari pada kondisi sebelum ada simpang susun. Kata Kunci : Simulasi Mikroskopik, Vissim, Simpang Tak Sebidang
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Sipil |
Depositing User: | s1 Teknik Sipil |
Date Deposited: | 27 Oct 2022 08:28 |
Last Modified: | 27 Oct 2022 08:28 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/116826 |
Actions (login required)
View Item |