PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SAWI (Brassica juncea L.) DENGAN SISTEM HIDROPONIK NFT (NUTRIENT FILM TECHNIQUE) PADA BEBERAPA KONSENTRASI NUTRISI

Fahita, Nabila Istiqomah (2022) PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SAWI (Brassica juncea L.) DENGAN SISTEM HIDROPONIK NFT (NUTRIENT FILM TECHNIQUE) PADA BEBERAPA KONSENTRASI NUTRISI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak (1).pdf - Published Version

Download (197kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I (Pendahuluan) (1).pdf - Published Version

Download (261kB)
[img] Text (BAB V (Kesimpulan dan Saran))
BAB V (Kesimpulan dan Saran).pdf - Published Version

Download (32kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (167kB)
[img] Text (Skripsi Full)
Skripsi (Full Text).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sawi merupakan salah satu tanaman sayuran yang menjadi sumber vitamin, antioksidan, dan kalsium. Produksi sawi terus meningkat setiaptahunnya, serta menjadi sayuran yang banyak ditanam dan digemari oleh masyarakat. Lahan pertanian yang semakin berkurang menyebabkan budidaya pertanian secara konvensional semakin sulit dilakukan, khususnya di perkotaan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah intensifikasi pertanian dengan sistem hidroponik NFT. Nutrisi yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan unsur hara makro dan mikro adalah AB Mix. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan konsentrasi nutrisi terbaik melalui metode rancangan acak kelompok yang terdiri 4 perlakuan (800 ppm, 1000 ppm, 1200 ppm, dan 1400 ppm) yang diulang sebanyak 4 kali dengan total 80 tanaman yang diamati untuk setiap parameter (tinggi tanaman, jumlah daun, rata-rata luas helai daun, bobot segar tanaman, panjang akar, dan bobot segar akar). Penelitian telah dilaksanakan dari Februari sampai April 2022 di Kota Medan. Seluruh data dianalisis dengan Uji F pada taraf nyata 5% dan didapatkan hasil yang berpengaruh tidak nyata untuk seluruh parameter. Hal tersebut disebabkan oleh suhu yang terlalu tinggi dalam greenhouse dan penyerapan nutrisi yang tidak optimal sehingga pertumbuhan sawi terhambat dan hasilnya sedikit. Konsentrasi nutrisi terbaik tidak didapatkan dalam penelitian ini karena seluruh perlakuan memberikan pengaruh yang sama terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman sawi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. INDRA DWIPA, M.S.
Uncontrolled Keywords: ab mix, konsentrasi, nft, pertumbuhan, sawi.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 27 Oct 2022 02:19
Last Modified: 27 Oct 2022 02:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/116665

Actions (login required)

View Item View Item