Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Kedelai Pada Industri Tahu MW JAYA Ddi Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam

Nisa, Fuad Dina (2022) Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Kedelai Pada Industri Tahu MW JAYA Ddi Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (307kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (383kB)
[img] Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN-1.pdf - Published Version

Download (276kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-1.pdf - Published Version

Download (300kB)
[img] Text (Skripsi full text)
skripsi full text Nisa Fuad Dina.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pengendalian persediaan merupakan suatu kegiatan untuk memantau tingkat persediaan yang harus disediakan, kapan persediaan harus dibeli dan berapa banyak pesanan yang harus dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persediaan bahan baku kedelai pada industri tahu MW Jaya, menentukan jumlah persediaan bahan baku kedelai yang optimal pada Industri Tahu MW Jaya dan menentukan jumlah persediaan pengaman dan titik pemesanan kembali bahan baku kedelai. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis persediaan (EOQ, Safety Stock, ReOrder Point). Pengendalian persediaan bahan baku yang dilakukan oleh Industri Tahu MW Jaya yaitu dengan metode konvensional berdasarkan persediaan yang ada di gudang penyimpanan. Hasil analisis menunjukkan pemesanan bahan baku yang optimal pada periode Oktober 2020 sampai September 2021 sebanyak 32.330kg. Dengan frekuensi pemesanan sebanyak 5 kali dan total biaya persediaan menurut metode EOQ sebesar Rp1.341.730. Metode EOQ dapat menghemat biaya total persediaan bahan baku sebesar Rp2.196.292 dengan safety stock sebanyak 286,43kg dan ReOrder point sebanyak 1.273,93kg.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Yusmarni, SP.M.Sc
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 26 Oct 2022 07:44
Last Modified: 26 Oct 2022 07:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/116245

Actions (login required)

View Item View Item