Pembuatan Minuman Jelly dari Campuran Sari Daun Kersen (Muntingia calabura L.) dengan Sari Buah Tomat (Solanum lycopersicum L.)pada Berbagai Konsentrasi

Wewi, Marjelliati (2022) Pembuatan Minuman Jelly dari Campuran Sari Daun Kersen (Muntingia calabura L.) dengan Sari Buah Tomat (Solanum lycopersicum L.)pada Berbagai Konsentrasi. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak Skripsi.pdf - Published Version

Download (144kB)
[img] Text (Bab 1)
Bab 1 Skripsi.pdf - Published Version

Download (161kB)
[img] Text (Bab 5)
Bab 5 Skripsi.pdf - Published Version

Download (110kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka Skripsi.pdf - Published Version

Download (152kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir Full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat perbandingan sari daun kersen dengan sari buah tomat terhadap karakteristik dan penerimaan organoleptik minuman jelly dan untuk mengetahui formulasi terbaik minuman jelly daun kersen dan buah tomat. Rancangan pada penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuan yang dilakukan pada penelitian ini yaitu perbandingan sari daun kersen dengan sari buah tomat yaitu ; A (sari daun kersen 100g : sari buah tomat 5g), B (sari daun kersen 80g : sari buah tomat 25g), C (sari daun kersen 60g : sari buah tomat 45g), D (sari daun kersen 40g : sari buah tomat 65g), dan E (sari daun kersen 20g : sari buah tomat 85g). Data yang didapatkan pada penelitian dilakukan analisis statistik secara ANOVA kemudian dilanjutkan analisis Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan sari daun kersen dengan sari buah tomat yang digunakan dalam pembuatan minuman jelly berbeda nyata terhadap karakteristik total padatan terlarut, nilai pH, vitamin C, aktivitas antioksidan, kadar sakarosa, serat pangan, viskositas, angka lempeng total dan organoleptik (warna, aroma, rasa dan tekstur). Perlakuan terbaik berdasarkan hasil analisis secara fisik, kimia, mikrobiologi dan penerimaan organoleptik adalah perlakuan D (sari daun kersen 40g : sari buah tomat 65g) dengan nilai rata-rata total padatan terlarut (22,40 °Brix), kadar sakarosa (22,16%), nilai pH (5,33), vitamin C (30,27 mg/100g bahan), Aktivitas antioksidan (74,23%), serat pangan (2,53%), nilai rata-rata viskositas (10980 cPs), hasil angka lempeng total (5,6 x 103 Cfu/g), penyimpanan minuman jelly layak dikonsumsi hingga 4 hari penyimpanan dan penerimaan organoleptik dengan rata-rata nilai kesukaan panelis terhadap warna 4,55 (suka), aroma 3,40 (biasa), rasa 4,55 (suka), dan tekstur 3,85 (biasa).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Novelina, M.S
Uncontrolled Keywords: sari daun kersen, sari buah tomat, minuman jelly, karakteristik
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 26 Oct 2022 04:10
Last Modified: 26 Oct 2022 04:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/116092

Actions (login required)

View Item View Item