HUBUNGAN LAMA MENDERITA DAN STATUS DIABETES PADA PENDERITA DIABETES MELITUS TIPE 2 RAWAT JALAN DENGAN STATUS KESEHATAN PERIODONTAL DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG

INTAN, PURNAMASARI (2015) HUBUNGAN LAMA MENDERITA DAN STATUS DIABETES PADA PENDERITA DIABETES MELITUS TIPE 2 RAWAT JALAN DENGAN STATUS KESEHATAN PERIODONTAL DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Teks)
201504101027th_intan purnamasari 1110342021.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang : Penyakit diabetes melitus tipe 2 merupakan penyakit dengan prevalensi tertinggi diseluruh dunia. Salah satu manifestasi oral diabetes melitus adalah penyakit periodontal. Tujuan : untuk mengetahui hubungan lama menderita dan status diabetes pada penderita diabetes melitus tipe 2 rawat jalan dengan status kesehatan periodontal di RSUP DR. M. Djamil Padang. Metode : Penelitian cross sectional terhadap 62 orang penderita diabetes melitus tipe 2 rawat jalan yang dipilih berdasarkan teknik simple random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah Community Periodontal Index (CPI). Analisis data menggunakan uji Chi-Square dengan nilai p<0,05 sebagai batas derajat kepercayaan. Hasil : Sebagian besar responden mempunyai status kesehatan periodontal sedang, dan tidak satupun responden mempunyai status kesehatan periodontal sehat. Responden dengan lama menderita DM ≤10 tahun umumnya mempunyai status kesehatan periodontal sedang (80,6% dan 68,4%), sedangkan responden dengan lama menderita >10 tahun mempunyai status kesehatan periodontal buruk (58,3%) dengan nilai p = 0,045. Responden dengan status DM terkontrol sebagian besar mempunyai status kesehatan periodontal sedang (93,1%), sedangkan yang tidak terkontrol mempunyai status kesehatan periodontal buruk (51,5%) dengan nilai p = 0,000. Kesimpulan : Terdapat hubungan yang signifikan antara lama menderita dan status diabetes dengan status kesehatan periodontal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: Ms Dian Budiarti
Date Deposited: 26 Jun 2016 05:44
Last Modified: 26 Jun 2016 05:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11605

Actions (login required)

View Item View Item