IKAN CERBUNG DAN PEREMPUAN PERLIS (Studi Etnografi Perempuan Desa Perlis, Kecamatan Brandan Barat, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara)

Suci, Masliawati (2022) IKAN CERBUNG DAN PEREMPUAN PERLIS (Studi Etnografi Perempuan Desa Perlis, Kecamatan Brandan Barat, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (171kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (288kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (124kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (159kB)
[img] Text
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Suci Masliawati. BP. 1710822003. Jurusan Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Andalas, Padang, 2022. Skripsi ini berjudul “Ikan Cerbung dan Perempuan Perlis (Studi Etnografi Perempuan Desa Perlis, Kecamatan Brandan Barat, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara)”. Pembimbing I Prof. Dr. Erwin, M.Si dan Pembimbing II Sidarta Pujiraharjo S.Sos, M.Hum Ikan cerbung merupakan salah satu ikan hasil tangkapan nelayan di Desa Perlis. Ikan cerbung kering merupakan produk unggulan pada sektor perikanan yang diminati oleh masyarakat luas disamping itu juga merupakan hasil tangkapan yang paling diminati sebagai penopang hidup masyarakat nelayan Desa Perlis. Namun ada yang menarik dalam produksi ikan cerbung yaitu melibatkan perempuan sebagai pembelah ikan cerbung dan tidak ditemukan laki-laki yang membelah ikan cerbung sehingga menarik untuk diteliti lebih lanjut mengapa laki-laki tidak terlibat sebagai pembelah ikan cerbung. Penelitian ini akan mencoba menjawab persoalan mengapa hanya perempuan yang bekerja sebagai pembelah ikan cerbung. Metode ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi etnografi. Penelitian ini dilakukan secara life-in (tinggal bersama) dengan melakukan pengamatan (observasi partisipatif sekaligus melakukan wawancara dengan informan. Penelitian ini menggunakan teori budaya yang lebih menekankan masalah gender yaitu pembagian kerja secara seksual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perempuan pembelah ikan cerbung memiliki peran yang penting dalam perekonomian rumah tangga nelayan. Pendapatan perempuan yang bekerja sebagai pembelah ikan cerbung memiliki peningkatan dibandingkan pekerjaan mereka yang lain. Namun perempuan tersebut kurang mendapatkan perhatian khusus oleh masyarakat. Pekerjaan membelah ikan cerbung dikonstruksikan sebagai pekerjaan perempuan yang membutuhkan ketelitian, kejelian, dan kesabaran. Sehingga menurut masyarakat Desa Perlis ini lebih cocok dikerjakan oleh perempuan dan kemudian laki-laki hanya cocok melaut sebagai penangkap ikan. Kata Kunci: perempuan, ikan cerbung, pembagian kerja secara seksual, konstruksi sosial, Desa Perlis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: s1 antropologi sosial
Date Deposited: 25 Oct 2022 09:50
Last Modified: 25 Oct 2022 09:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/115924

Actions (login required)

View Item View Item