PREFERENSI KEONG MAS (Pomacea canaliculata Lamarck) TERHADAP BEBERAPA GULMA DI AREAL PERTANAMAN PADI (Oryza sativa Linnaeus)

yelfi, oktami (2022) PREFERENSI KEONG MAS (Pomacea canaliculata Lamarck) TERHADAP BEBERAPA GULMA DI AREAL PERTANAMAN PADI (Oryza sativa Linnaeus). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover abstrak)
cover abstrak_compressed.pdf - Published Version

Download (40kB)
[img] Text (pendahuluan)
pendahuluan_compressed.pdf - Published Version

Download (37kB)
[img] Text (kesimpulan dan saran)
kesimpulan dan saran_compressed.pdf - Published Version

Download (15kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA_compressed.pdf - Published Version

Download (61kB)
[img] Text (full text)
Menuju SP_compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (810kB)

Abstract

PREFERENSI KEONG MAS (Pomacea canaliculata Lamarck) TERHADAP BEBERAPA GULMA DI AREAL PERTANAMAN PADI (Oryza sativa Linnaeus) ABSTRAK Keong mas (Pomacea canaliculata Lamarck) adalah salah satu hewan nokturnal yang sangat rakus dan memakan hampir semua tumbuhan lunak yang berada di air. Peneltian ini bertujuan untuk mencari umpan yang sesuai untuk mengumpulkan keong mas dan pengendalian gulma oleh keong mas. Penelitian ini dilaksanakan di sawah komplek PGRI Tui Kuranji dan di Laboratorium Bioekologi Serangga Universitas Andalas Padang dari bulan Mei sampai Juli 2022. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 6 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan adalah jenis pakan, yaitu: bibit padi (Oryza sativa L.), Kiambang (Salvinia molesta), Genjer (Limnocharis flava), Enceng gondok (Eichornia crassipes), Eceng padi (Monochoria vaginalis) dan Kayu apu (Pistia stratiotes). Parameter pengamatan adalah populasi keong mas (ekor), bobot uji preferensi (gram), bobot uji tanpa pilihan (gram) dan perilaku makan keong mas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gulma yang paling disukai oleh keong mas adalah Salvinia molesta. Dari 20 ekor keong mas yang dilepas maka populasi keong mas pada gulma ini yaitu 3,8 ekor dan dari 100 gram gulma yang diinfestasi maka yang bersisa pada gulma ini yaitu 11,8 gram (uji preferensi) dan 37,75 gram (Uji tanpa pilihan). Kata kunci : Keong mas, Gulma, Preferensi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 25 Oct 2022 06:57
Last Modified: 25 Oct 2022 06:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/115840

Actions (login required)

View Item View Item