Uji antagonis bakteri endofit terhadap cendawan patogen Rhizoctonia solani Kühn penyebab penyakit hawar pelepah pada tanaman padi

MUHAMMAD, ALFARIDZI (2022) Uji antagonis bakteri endofit terhadap cendawan patogen Rhizoctonia solani Kühn penyebab penyakit hawar pelepah pada tanaman padi. Diploma thesis, Univesitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (129kB)
[img] Text (BAB I. Pendahuluan)
BAB I. Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (170kB)
[img] Text (BAB V. Penutup)
BAB V. Penutup.pdf - Published Version

Download (120kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (200kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Rhizoctonia solani Kühn merupakan patogen penting pada tanaman padi yang menyebabkan penyakit hawar pelepah padi. Salah satu cara pengendaliannya penyakit ini adalah penggunaan bakteri endofit sebagai agen pengendali hayati. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bakteri endofit yang mampu menghambat pertumbuhan cendawan patogen R. solani secara in vitro. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 9 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan terdiri dari Bacillus sp. galur H1, Bacillus sp. galur SJ1, Bacillus cereus galur P14, Bacillus cereus galur Se07, Bacillus subtilis, Serratia marcescens galur JB1E3, Serratia marcescens galur ULG1E4, fungisida berbahan aktif ketokonazol 2% dan kontrol (tanpa diberi perlakuan). Pengujian menggunakan metode biakan ganda dan menggunakan metabolit sekunder bakteri endofit dengan parameter pengamatan zona bening bakteri, persentase daya hambat sel bakteri endofit, efektivitas metabolit sekunder, berat segar cendawan R. solani, dan berat kering cendawan R. solani. Semua bakteri endofit yang diuji mampu menekan pertumbuhan R. solani dengan persentase daya hambat antara 54,55-63,64% dan efektifitas senyawa metabolit antara 30,99-90,49%, bakteri endofit yang berpotensi dalam menghambat pertumbuhan cendawan patogen R. solani dimemiliki oleh Serratia marcescens ULG1E4, Serratia marcescens JB1E3 dan Bacillus cereus Se07 dengan persentase daya hambat 63.64%, 60,00%, 60,00% dan efektivitas senyawa metabolit sekunder bakteri endofit 88.70%, 90,62%, 61,71%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Martinius, MS.
Uncontrolled Keywords: Bakteri endofit, biakan ganda, metabolit sekunder, Rhizoctonia solani
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 27 Oct 2022 03:58
Last Modified: 27 Oct 2022 03:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/115803

Actions (login required)

View Item View Item