Persaingan dan Profitabilitas : Dampak Pada Stabilitas di Perbankan Indonesia (Studi Pada Bank Umum di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019)

Ivo, Nila Krisna Putri (2022) Persaingan dan Profitabilitas : Dampak Pada Stabilitas di Perbankan Indonesia (Studi Pada Bank Umum di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (119kB)
[img] Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (340kB)
[img] Text (Bab V)
Bab V.pdf - Published Version

Download (112kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (364kB)
[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Saat ini industri perbankan telah mengalami perubahan besar dalam beberapa tahun terakhir akibat deregulasi regulasi. Melihat hal tersebut, dalam mengimplementasikannya, bank harus dikelola dengan lebih hati-hati, salah satunya dengan menjaganya. Ketidakstabilan perbankan terjadi karena bank menghadapi terlalu banyak risiko. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana pengaruh persaingan dan profitabilitas pada perbankan di industri perbankan Indonesia. Populasi yang digunakan adalah bank umum yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2019. Serangkaian indikator dari internal dan eksternal bank juga digunakan dalam penelitian ini untuk mendukung hasil penelitian, yang terdiri dari ukuran bank, konsentrasi, inflasi, dan PDB. Artinya, perbankan diukur menggunakan tiga risiko, risiko kredit dengan proksi NPL, risiko likuiditas dengan proksi LDR, dan risiko insolvensi dengan proksi Z-score. Dengan menggunakan analisis data panel didapatkan hasil sebagai berikut pada periode penelitian 2015-2019, persaingan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap risiko kredit, persaingan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap risiko likuiditas dan risiko insolvensi. Profitabilitas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap risiko kredit dan risiko insolvensi, dan profitabilitas berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap risiko likuiditas.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Rida Rahim, SE, ME
Uncontrolled Keywords: Orientasi pasar; Inovasi; Performa bisnis
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: Unand Magister Manajemen
Date Deposited: 25 Oct 2022 03:50
Last Modified: 25 Oct 2022 03:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/115785

Actions (login required)

View Item View Item