Eksplorasi dan Karakterisasi Tanaman Kakao (Theobroma cacao L.) Rakyat di Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman

Nurul, Hanifah (2022) Eksplorasi dan Karakterisasi Tanaman Kakao (Theobroma cacao L.) Rakyat di Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (135kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (84kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
BAB V.pdf - Published Version

Download (35kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (57kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tanaman kakao (Theobroma cacao L.) merupakan salah satu tanaman menyerbuk silang sehingga antarindividu tanaman memiliki karakteristik yang beragam. Keragaman yang dimiliki oleh masing-masing individu tersebut dapat dimanfaatkan sebagai sumber gen untuk perakitan varietas unggul kakao. Eksplorasi dan karakterisasi merupakan salah satu kegiatan yang mendukung program pemuliaan tanaman untuk mengetahui karakter-karakter unggul yang dapat dijadikan sebagai calon tetua dalam perakitan tanaman kakao. Tujuan penelitian ini untuk menentukan keragaman dan mendapatkan varian kakao yang ada di Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini telah dilakukan pada bulan Januari–April 2022 menggunakan metode survei dengan penetapan sampel secara sengaja (purposive sampling). Teknik penetapan sampel adalah mengamati bagian morfologis tanaman kakao berdasarkan perbedaan secara visual yang terdapat pada karakter buah, yaitu warna, bentuk, dan penyempitan basal. Data hasil pengamatan dianalisis secara deskriptif dan untuk analisis kemiripan menggunakan program NTSYS ver. 2.02i. Hasil penelitian ini diperoleh 46 sampel tanaman kakao dari kegiatan eksplorasi dan telah dikarakterisasi berdasarkan 20 karakter morfologis. Analisis variabilitas fenotipik dengan keriteria luas terdapat pada karakter panjang daun dan berat per 100 biji. Selanjutnya, berdasarkan analisis kemiripan pada karakter kualitatif dan kuantitatif didapatkan 5 kluster tanaman kakao dengan tingkat kemiripan 29–65% yang termasuk ke dalam kriteria keragaman luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Gustian, MS
Uncontrolled Keywords: eksplorasi, karakterisasi, keragaman, tanaman kakao
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 25 Oct 2022 03:09
Last Modified: 25 Oct 2022 03:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/115754

Actions (login required)

View Item View Item