Perancangan Setting Koordinasi Relai Proteksi dan Menghubungkan Relai ke PLC Siemens S7-1500 Untuk Load Shedding dan Tampilan HMI pada Gardu Induk Pengembangan PT. Semen Padang

Mohamad, Hanif Hakim (2022) Perancangan Setting Koordinasi Relai Proteksi dan Menghubungkan Relai ke PLC Siemens S7-1500 Untuk Load Shedding dan Tampilan HMI pada Gardu Induk Pengembangan PT. Semen Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Cover dan Abstrak Hanif.pdf - Published Version

Download (141kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I HANIF.pdf - Published Version

Download (171kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V HANIF.pdf - Published Version

Download (152kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA HANIF.pdf - Published Version

Download (157kB)
[img] Text (Tugas Akhir Fulltext)
FULLTEXT TA HANIF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan produksi di PT. Semen Padang terdapat beberapa beban yang sangat vital dan tidak boleh padam dikarenakan biaya operasional untuk menjalankannya kembali sangat besar. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dibutuhkan evaluasi setting koordinasi relai proteksi dan sistem kendali otomatis dalam menunjang proses produksi PT. Semen Padang agar efesiensi produksi dapat terjaga. Setting relai yang akan di evaluasi yaitu relai arus lebih (OCR) tipe inverse time dan instantaneous dengan mengkoordinasikan relai utama, relai backup 1 dan relai backup 2 dari hilir ke hulu feeder beban. Sistem kendali yang dirancang adalah sistem kendali pelepasan beban otomatis dan tampilan HMI yang dapat menampilkan sistem secara realtime sistem menggunakan PLC Siemens S7-1500 dan simulasinya pada fitur PLCSimulator software TIA Portal 15.1. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan, terdapat perbedaan yang signifikan pada setting relai dari hasil perhitungan dengan keadaan existing. Dimana pada keadaan existing relai-relai yang terpasang pada sistem tidak berkoordinasi dengan baik, sedangkan setelah dilakukan perhitungan koordinasi relai relai-relai tersebut berkoordinasi dengan semestinya. Dari perancangan sistem kendali dihasilkan sebuah program pelepasan beban otomatis dan tampilan HMI keadaan sistem secara realtime dan juga dapat menampilkan data record pada sistem gardu induk pengembangan PT.Semen Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 26 Oct 2022 08:24
Last Modified: 26 Oct 2022 08:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/115635

Actions (login required)

View Item View Item