Pengetahuan Ibu Menyusui dalam Pemberian ASI Ekslusif pada Bayi di Lingkungan Keluarga Kelompok Prioritas Stunting (Studi Kasus di Nagari Kampung Baru Korong Nan Ampek, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan)

Taufik, Ismail (2022) Pengetahuan Ibu Menyusui dalam Pemberian ASI Ekslusif pada Bayi di Lingkungan Keluarga Kelompok Prioritas Stunting (Studi Kasus di Nagari Kampung Baru Korong Nan Ampek, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (153kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (595kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V.pdf - Published Version

Download (111kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (138kB)
[img] Text (Skripsi Full text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Taufik Ismail. BP 1810823017. Departemen Antropologi Sosial. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Andalas. Padang. 2022. Judul “Pengetahuan Ibu Menyusui dalam Pemberian ASI Ekslusif Pada Bayi di Lingkungan Keluarga Kelompok Prioritas Stunting (Studi Kasus di Nagari Kampung Baru Korong Nan Ampek, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan). Penelitian ini mendeskripsikan bagaimana pengetahuan terkait ASI Ekslusif di Nagari Kampung Baru Korong Nan Ampek. Stunting sendiri adalah kondisi gagal tumbuh pada anak di kurang dari lima tahun (balita) akibat gizi yang kurang hingga kronis atau infeksi berulang terutama pada rentang waktu 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). Pemberian ASI Ekslusif yang tepat akan meminimalisir akan terjadinya Stunting. Nagari Kampung Baru Korong Nan Ampek merupakan salah satu di Kecamatan Koto XI Tarusan yang angka stunting tertinggi. Angka cakupan ASI Ekslusif di Nagari ini cukup rendah yaitu 40%. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji mengapa angka cakupan ASI Eklusif di Nagari ini masih rendah serta bagaimana pengetahuan ibu yang memiliki bayi terkait dengan ASI Ekslusif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, studi kepustakaan dan dokumentasi. Pada pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling, yang mana informan dipilih oleh peneliti yaitu ibu-ibu yang sedang menyusui anak selama masa ASI Ekslusif yaitu mulai dari usia 0 sampai dengan 6 bulan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa, pengetahuan ibu yang memiliki bayi masih dalam tahapan kurang, masih banyak ibu yang tidak memberikan ASI secara Ekslusif kepada bayinya, ibu-ibu di Nagari ini masih memberi makanan lain selain ASI dalam rentang usia 0 sampai 6 bulan. Sering sekali ketika bayi menangis dan rewel diartikan oleh ibu sebagai pertanda lapar oleh karenanya ibu memberikan makanan lain selain ASI. Rendahnya cakupan ASI Ekslusif di Nagari ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti faktor budaya, sosialisasi dari pemerintah, pendidikan serta faktor lingkungan sosial. Pengetahuan ibu terkait ASI Ekslusif di nagari ini belum sampai ditahap praktek pemberian yang benar. Ibu-ibu tidak mengetahui tentang ASI Ekslusif karena dalam budayanya juga tidak ada hal seperti ini, mereka rata-rata memberikan ASI Eklsusif tetapi tidak tahu dengan boleh atau tidaknya mengonsumsi makanan lain pada saat anak berusia 0-6 bulan. Kata Kunci : Pengetahuan, ASI Ekslusif, Stunting

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: s1 antropologi sosial
Date Deposited: 24 Oct 2022 10:06
Last Modified: 24 Oct 2022 10:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/115576

Actions (login required)

View Item View Item