PENGARUH SIFAT MACHIAVELLIAN DAN LOVE OF MONEY TERHADAP INTENSI MELAKUKAN WHISTLEBLOWING (Studi Eksperimen Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Andalas)

Rhabilla, Widyansari (2022) PENGARUH SIFAT MACHIAVELLIAN DAN LOVE OF MONEY TERHADAP INTENSI MELAKUKAN WHISTLEBLOWING (Studi Eksperimen Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Andalas). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (508kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (449kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (232kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (385kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sifat Machiavellian dan love of money terhadap intensi melakukan whistleblowing dalam etika profesi akuntan. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental semu (quasi experimental) dengan desain faktorial 2x2. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pengukuran skala Mach-IV untuk mengukur sifat Machiavellian dan dua skenario perlakuan love of money yang berbeda untuk mengukur intensi whistleblowing. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif S1 Jurusan Akuntansi Universitas Andalas yang telah mengikuti dan lulus mata kuliah Pengauditan I. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji parametrik dan non-parametrik yang dianalisis dengan aplikasi program SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sifat Machiavellian dan love of money berpengaruh terhadap intensi melakukan whistleblowing, sementara itu pada individu dengan love of money rendah, sifat Machiavellian yang tinggi belum tentu memiliki intensi whistleblowing yang lebih tinggi daripada sifat Machiavellian yang rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dra Husna Roza, SE, MCom(Hons), Akt
Uncontrolled Keywords: Sifat Machiavellian, Love of Money, Intensi Whistleblowing, Etika Profesi Akuntan
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: S1 Akuntansi Akuntansi
Date Deposited: 24 Oct 2022 02:52
Last Modified: 24 Oct 2022 02:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/115229

Actions (login required)

View Item View Item