Pengaruh Lama Pengeringan terhadap Kadar Air, Kadar Protein, Daya Larut, Uji Warna dan Uji Sensori Pada Teh Telur Instan dengan Food Dehydrator

Cindi, Melani (2022) Pengaruh Lama Pengeringan terhadap Kadar Air, Kadar Protein, Daya Larut, Uji Warna dan Uji Sensori Pada Teh Telur Instan dengan Food Dehydrator. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
COVER.pdf - Published Version

Download (70kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (234kB)
[img] Text (BAB Akhir)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (30kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA..pdf - Published Version

Download (168kB)
[img] Text (TugasUtuh)
Tugas Akhir Utuh Cindi Melani ( 1810612060).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lama pengeringan yang berbeda pada suhu 60C dengan food dehydrator terhadap kadar air, kadar protein, daya larut,uji warna dan uji organoleptik teh telur instan. Penelitian ini menggunakan 200 gram telur itik Bayang umur satu hari diperoleh dari UPT Fakultas Peternakan Universitas Andalas dan 100 gram teh kayu aro. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Kelompok (RAK) terdiri dari 5 perlakuan dan 4 ulangan. Lama pengeringan teh telur instan adalah A (2 jam), B (3 jam), C (4 jam), D (5 jam) dan E (6 jam). Peubah yang diamati pada penelitian ini yaitu kadar air, kadar protein, daya larut,uji warna dan uji sensori. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa lama pengeringan pada teh telur berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap kadar air, kadar protein, daya larut, uji warna,uji sensori (nilai sensori rasa, aroma, tekstur, penerimaan keseluruhan dan nilai mutu sensori warna, rasa, aroma, tekstur), akan tetapi berpengaruh tidak nyata (P>0,05) terhadap nilai sensori warna. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa teh telur instan dengan lama pengeringan terbaik didapat pada perlakuan C yaitu lama pengeringan 4 jam dengan kadar air (2,53%), kadar protein (15,71%), daya larut (71,50%), uji warna (38,34 b*), dan penilaian sensori yang dapat diterima oleh panelis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Indri Juliyarsi, SP.MP
Uncontrolled Keywords: Food dehydrator, instan, lama pengeringan, sensori, teh telur.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 24 Oct 2022 03:08
Last Modified: 24 Oct 2022 03:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/115218

Actions (login required)

View Item View Item