PENGARUH KONSENTRASI H2SO4 DAN KNO3 TERHADAP PEMATAHAN DORMANSI DAN PERKECAMBAHAN BENIH AREN (Arenga pinnata (Wurmb.) Merr.)

Riyes Rahmadani, Riyes (2022) PENGARUH KONSENTRASI H2SO4 DAN KNO3 TERHADAP PEMATAHAN DORMANSI DAN PERKECAMBAHAN BENIH AREN (Arenga pinnata (Wurmb.) Merr.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan abstr.pdf - Published Version

Download (61kB)
[img] Text (Bab 1 (Pendahuluan))
BAB 1.pdf - Published Version

Download (50kB)
[img] Text (Bab 5 (Kesimpulan dan Sara))
BAB 5.pdf - Published Version

Download (23kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf - Published Version

Download (36kB)
[img] Text (Skripsi FULL Text)
SKRIPSI FULL RIYES RAHMADANI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (485kB)

Abstract

Benih tanaman aren memiliki masa dormansi yang cukup lama yang disebabkan embrio yang belum berkembang dan benih masih dalam keadaan dorman, sehingga benih aren digolongkan ke dalam dormansi morfofisiologis. Dormansi benih dapat diatasi dengan memberikan perlakuan sebelum perkecambahan baik secara fisik, kimia, maupun biologi. Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui interaksi antara konsentrasi H2SO4 dan KNO3 terhadap Pematahan dormansi dan perkecambahan benih aren, Mendapatkan konsentrasi H2SO4 terbaik terhadap pematahan dormansi dan perkecambahan benih aren, dan Mendapatkan konsentrasi KNO3 terbaik terhadap pematahan dormansi dan perkecambahan benih aren. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan Faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 2 faktor dan 3 ulangan. Faktor I, konsentrasi H2SO4 yang terdiri dari 2 taraf perlakuan yaitu 10% dan 20%. Faktor II, konsentrasi KNO3 yang terdiri dari 4 taraf perlakuan yaitu 0,5%, 1,0%, 1,5%, dan 2,0% sehingga diperoleh 24 satuan percobaan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji F, jika berbeda nyata dilanjutkan dengan uji Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan terdapat interaksi antara pemberian konsentrasi H2SO4 dan konsentrasi KNO3 terhadap pematahan dormansi benih aren, namun tidak ada interaksi pada perkecambahan benih aren. Perlakuan konsentrasi H2SO4 yang berbeda memberikan pengaruh yang berbeda terhadap pematahan dormansi benih aren. Kata kunci: Aren, dormansi, perkecambahan, H2SO4, KNO3

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Yusniwati, SP, MP
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 21 Oct 2022 06:38
Last Modified: 21 Oct 2022 06:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/115169

Actions (login required)

View Item View Item