Evaluasi Kesesuaian Lahan untuk Tanaman Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq.) di Nagari Padang Air Dingin, Kecamatan Sangir Jujuan, Kabupaten Solok Selatan

Regina, Suhendra Putri (2022) Evaluasi Kesesuaian Lahan untuk Tanaman Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq.) di Nagari Padang Air Dingin, Kecamatan Sangir Jujuan, Kabupaten Solok Selatan. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK WM.pdf - Published Version

Download (173kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I WM.pdf - Published Version

Download (128kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V WM.pdf - Published Version

Download (123kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA WM.pdf - Published Version

Download (134kB)
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI REGINA WATERMARK FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Budidaya tanaman kelapa sawit di Kecamatan Sangir Jujuan masih sedikit yaitu dari luas daerahnya hanya 2,25% lahan yang ditanami kelapa sawit dan masyarakat belum banyak mengetahui potensi ekonomi tanaman kelapa sawit. Penelitian ini telah dilakukan di Nagari Padang Air Dingin, Kecamatan Sangir Jujuan, Kabupaten Solok Selatan mulai dari bulan Januari sampai dengan Maret 2022. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kesesuaian lahan di Nagari Padang Air Dingin, Kecamatan Sangir Jujuan, Kabupaten Solok Selatan untuk tanaman kelapa sawit. Penelitian ini menggunakan metode survei yang terdiri dari 3 tahap yaitu, pra survei yang bertujuan mendapatkan satuan lahan (SL), survei utama yang dilakukan di daerah Nagari Padang Air Dingin, Kecamatan Sangir Jujuan, Kabupaten Solok Selatan, serta analisis tanah di laboraturium Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sukarami, Kabupaten Solok. Pengklasifikasian evaluasi kesesuaian lahan tanaman kelapa sawit di lakukan dengan metode matching yaitu membandingkan karakteristik lahan pada setiap satuan lahan dengan persyaratan tumbuh tanaman kelapa sawit. Dari penelitian yang dilakukan didapatkan hasil kesesuaian lahan aktual pada lahan SL 1, SL 2, dan SL 3 memiliki kelas S3eh yaitu sesuai marjinal dengan faktor pembatas bahaya erosi. Pada SL 4 dan SL 5 didapatkan kelas S2 (cukup sesuai) dengan sub kelas S2wa, nr dengan faktor pembatas ketersedian air dan retensi hara. Pada kesesuaian lahan potensial didapatkan pada SL 1, SL 2, dan SL 3 memiliki kelas cukup sesuai (S2), sedangkan pada SL 4 dan SL 5 yaitu kelas sesuai (S1). Usaha perbaikan pada lahan dapat berupa penanaman mengikuti garis kontur, pembuatan teras atau gulu, pembuatan parit atau waduk, vegetasi penutup permukaan lahan, penambahan kapur serta pupuk organik maupun anorganik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Juniarti, SP. MP
Uncontrolled Keywords: bahaya erosi, kelapa sawit, kesesuaian lahan, retensi hara
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 27 Oct 2022 04:52
Last Modified: 27 Oct 2022 04:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/115140

Actions (login required)

View Item View Item