PERUMUSAN KEY PERFORMANCE INDICATORS (KPI) UNTUK PENILAIAN KAMPUS BERKELANJUTAN (SUSTAINABLE CAMPUS) DI UNIVERSITAS ANDALAS

Febriza, Imansuri (2014) PERUMUSAN KEY PERFORMANCE INDICATORS (KPI) UNTUK PENILAIAN KAMPUS BERKELANJUTAN (SUSTAINABLE CAMPUS) DI UNIVERSITAS ANDALAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Universitas Andalas)
201411110145th_febriza_imansuri_1010932011.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sebuah universitas dapat menghasilkan dampak yang cukup besar bagi lingkungan. Hal ini disebabkan oleh penggunaan energi yang besar, lalu lintas transportasi yang tinggi, limbah yang banyak serta pembangunan gedung dan fasilitas yang semakin bertambah. Oleh karena itu, sebuah universitas harus memiliki solusi yaitu dengan mengimplementasikan keberlanjutan dalam lingkungan kampus. Universitas Andalas telah melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan kampus berkelanjutan diantaranya program penanaman pohon dan seminar lingkungan hidup. Dengan berbagai upaya yang telah dilakukan Universitas Andalas, pada tahun 2013 Universitas Andalas berhasil memperoleh peringkat kedelapan se-Indonesia dalam UI Greenmetric World University Ranking. Pada tahun ini Universitas Andalas menargetkan untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik pada UI Greenmetric World University Ranking. Agar target tersebut tercapai, diperlukan upaya-upaya untuk meningkatkan pencapaian kampus berkelanjutan dengan lebih memperhatikan indikator-indikator yang digunakan dalam penilaian kampus berkelanjutan. Tahapan yang dilakukan dalam pelaksanaan penelitian ini dimulai dengan observasi langsung dan wawancara dengan Tim Teknis Penghijauan Universitas Andalas agar dapat diidentifikasi indikator kampus berkelanjutan yang sesuai dengan Universitas Andalas. Selanjutnya merancang kuesioner berbasis Analytic Hierarchy Process (AHP) dengan mengidentifikasi indikator kampus berkelanjutan yang terdiri atas 6 indikator yang terbagi atas 35 sub indikator. Lalu penyebaran kuesioner kepada 30 responden yang merupakan stakeholders di Universitas Andalas, sehingga didapatkan Key Performance Indicator (KPI) untuk penilaian kampus berkelanjutan di Universitas Andalas. Selanjutnya dilakukan pengukuran kinerja kampus berkelanjutan berdasarkan masing-masing indikator kampus berkelanjutan. Berdasarkan hasil bobot kepentingan indikator kampus berkelanjutan didapatkan indikator dengan bobot kepentingan tertinggi adalah indikator pendidikan dengan nilai bobot 0,267. Sehingga rekomendasi untuk meningkatkan penerapan kampus berkelanjutan adalah agar dapat meningkatkan indikator pendidikan di Universitas Andalas. Sedangkan indikator yang memiliki bobot paling rendah adalah energi dan perubahan iklim dengan nilai bobot 0,116. Berdasarkan hasil pengukuran kinerja kampus berkelanjutan di Universitas Andalas didapatkan skor secara keseluruhan adalah 5,06 dari skala 1-10, yang berarti memiliki tingkat performansi sedang. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan dan pertimbangan bagi Universitas Andalas untuk meningkatkan kinerja kampus berkelanjutan. Kata Kunci: Analytic Hierarchy Process, Kampus Berkelanjutan, Key Performance Indicator, Pengukuran Kinerja

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: Mr Iswadi S Nupin
Date Deposited: 25 Jun 2016 07:24
Last Modified: 25 Jun 2016 07:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11506

Actions (login required)

View Item View Item