Pengaruh Variasi Waktu Pengukusan terhadap Sifat Mekanik Film Biopolomer Dari Lembaran Tipis Nata De Coco Dengan Metoda Oksidasi TEMPO

Azka, Muhammad Adlan (2022) Pengaruh Variasi Waktu Pengukusan terhadap Sifat Mekanik Film Biopolomer Dari Lembaran Tipis Nata De Coco Dengan Metoda Oksidasi TEMPO. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (61kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (40kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (33kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (98kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan material berbahan dasar nanoselulosa saat ini menjadi pusat perhatian. Material berbahan nanoselulosa menjadi pusat perhatian disebabkan material ini memiliki sifat biodegradable, ramah lingkungan, dapat dilipat, dan berpotensi diaplikasikan secara komersial. Penggunaan nanoselulosa ini memiliki kelebihan yaitu kekuatan dan modulus yang tinggi, luas permuakaan spesifik yang besar, biaya yang rendah dan ramah terhadap lingkungan. Salah satu contoh nanoselulosa yaitu selulosa bakteri. Selulosa bakteri didapatkan tanpa dibutuhkan reaksi bahan kimia sehingga lebih ramah lingkungan dan rendah biaya. Selulosa bakteri terbuat dari bakteri yang memproduksi selulosa dan menghasilkan lembaran yang terbentuk pada media fermentasi. Selulosa bakteri memiliki kekuatan mekanik yang tinggi, kristalinitas tinggi, kemurniaan yang baik. Pembuatan selulosa bakteri lebih mudah dan lebih murah dibandingkan dengan serat dari tumbuhan yang membutuhkan reaksi bahan kimia. Oleh karena itu pada penelitian ini digunakan nanoselulosa yang berasal dari selulosa bakteri. Pada penelitian ini selulosa bakteri yang digunakan adalah nata de coco. Pemilihan bakteri selulosa nata de coco ini disebabkan oleh nata de coco merupakan produk selulosa bakteri yang mudah dijumpai di Indonesia. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh variasi waktu pengukusan yaitu 0, 1, 2 dan 4 jam terhadap sifat mekanik film biopolimer lembaran tipis nata de coco dengan metoda oksidasi TEMPO, sehingga didapatkan film biopolimer dengan sifat mekanik yang baik agar dapat diaplikasikan secara komersial. Dari hasil pengujian tarik yang dilakukan, diketahui bahwa kekuatan tarik tertinggi film biopolimer nata de coco yaitu 167,28 MPa. Kekuatan tarik meningkat pada waktu kukus 1 jam dan 2 jam, akan tetapi menurun pada waktu kukus 4 jam. Pada nilai modulus elastisitas meningkat secara signifikan pada waktu pengukusan 4 jam, dan nilai elongasi menurun pada waktu pengukusan 4 jam. Penurunan nilai ini terjadi karena nilai ketangguhan yang menurun pada waktu pengukusan 4 jam disebabkan waktu pengukusan yang terlalu lama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr.Ing. Hairul Abral
Uncontrolled Keywords: Biodegradable, Nata de coco, Pengukusan, TEMPO, Sifat Mekanik
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 19 Oct 2022 08:02
Last Modified: 19 Oct 2022 08:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/114964

Actions (login required)

View Item View Item