EVALUASI NILAI GIZI LIMA JENIS RUMPUT LAUT COKLAT (Padina australis, Turbinaria murayana, Turbinaria decurrens, Sargassum binderi, dan Sargassum crassifolium ) DARI PANTAI SUNGAI NIPAH KABUPATEN PESISIR SELATAN

Mustika, Oriza Sativa (2015) EVALUASI NILAI GIZI LIMA JENIS RUMPUT LAUT COKLAT (Padina australis, Turbinaria murayana, Turbinaria decurrens, Sargassum binderi, dan Sargassum crassifolium ) DARI PANTAI SUNGAI NIPAH KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (SKRIPSI)
201505041343th_small_skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (822kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan lima jenis rumput laut coklat dari pantai Sungai Nipah kabupaten Pesisir Selatan terhadap kecernaan serat kasar, retensi nitrogen, dan energi metabolisme pada broiler. Materi yang digunakan adalah 25 ekor ayam jantan yang berumur 6 minggu, lima jenis rumput laut coklat, dan zat kimia untuk analisa serat kasar dan nitrogen. Metode penelitan adalah metode eksperimen dengan menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan perlakuan 5 jenis rumput laut coklat (Padina australis, Turbinaria murayana, Turbinaria decurrens, Sargassum binderi, dan Sargassum crassifolium), dan masing-masing perlakuan diulang 4 kali. Peubah yang diamati adalah kecernaan serat kasar (%), retensi nitrogen (%), dan energi metabolisme (kkal/kg). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rumput laut coklat berpengaruh sangat nyata (P<0.01) terhadap kecernaan serat kasar, retensi nitrogen, dan energi metabolisme. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa rumput laut coklat jenis Padina australis memiliki kecernaan serat kasar dan retensi nitrogen tertinggi berturut-turut 55.08%, 49.48%. Rumput laut coklat jenis Sargassum crassifolium memiliki kandungan energi metabolisme tertinggi (1250.23 kkal/kg) dibandingkan dengan jenis rumput laut coklat lainnya. Kata kunci : Rumput laut coklat, kecernaan serat kasar, retensi nitrogen, energi metabolisme.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 25 Jun 2016 06:02
Last Modified: 25 Jun 2016 06:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11469

Actions (login required)

View Item View Item