STUDI KASUS HUKUM ANALISIS PENJATUHAN PIDANA OLEH HAKIM BAGI MUNCIKARI YANG MEMFASILITASI TINDAK PIDANA PROSTITUSI ONLINE (Studi Kasus Putusan Pengadilan Negeri Padang No.471/Pid.Sus/2020/PN.Pdg)

Annisa, Fitri (2021) STUDI KASUS HUKUM ANALISIS PENJATUHAN PIDANA OLEH HAKIM BAGI MUNCIKARI YANG MEMFASILITASI TINDAK PIDANA PROSTITUSI ONLINE (Studi Kasus Putusan Pengadilan Negeri Padang No.471/Pid.Sus/2020/PN.Pdg). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover & Abstrak)
Cover & abstrak.pdf - Published Version

Download (158kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN-1.pdf - Published Version

Download (480kB)
[img] Text (Bab IV Penutup)
BAB IV PENUTUP-1.pdf - Published Version

Download (95kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA-1.pdf - Published Version

Download (317kB)
[img] Text (Studi Kasus Full)
STUDI KASUS HUKUM ANNISA FITRI (1710111054).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara yang mengalami perubahan yang baik dalam perkembangan teknologi informasi dan elektronika, dan terdapat 2 (dua) pengaruh dari perkembangan tersebut yaitu pengaruh baik dan pengaruh buruk, pengaruh baik yaitu masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan informasi dan pengaruh buruknya yaitu tindak pidana semakin mudah dilakukan contohnya seperti prostitusi online, seperti pada kasus Prostitusi Online yang terjadi di wilayah hukum Pengadilan Negri Kota Padang. Pada kasus ini, terdakwa didakwa oleh Jaksa Penuntut Umum dengan Pasal 27 Ayat (1) Undang-Undang No.19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang No.11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik Jo Pasal 55 Ayat (1) Ke-1 KUHP dan menjatuhkan pidana penjara terhadap terdakwa AFRIYANTO SAPUTRA selama 7 (tujuh) bulan dikurangi selama berada di dalam tahanan sementara. Adapun rumusan masalah yang dibahas dalam studi kasus ini adalah A. Bagaimanakah dasar pertimbangan hakim dalam memutus perkara tindak pidana prostitusi online dalam putusan nomor 471/Pid.Sus/PN.Pdg ? B. Bagaimanakah penerapan sanksi pidana terhadap tindak pidana prostitusi online dalam putusan nomor 471/Pid.Sus/PN.Pdg ? Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian normative dengan pendekatan kasus dan pendekatan Undang-Undang. Dari hasil penelitian, dasar pertimbangan hakim pada putusan Nomor 471/Pid.Sus/PN.Pdg terdiri atas (2) dua jenis yaitu pertimbangan yuridis dan pertimbangan non yuridis, dalam kasus ini Majelis Hakim menjatuhkan sanksi pidana berdasarkan tuntutan Jaksa Penuntut Umum dengan sanksi yang relatif ringan ketika dibandingkan dengan peraturan perundang-undangan yang seharusnya. Penerapan sanksi pidana dalam perkara ini telah memenuhi unsur-unsur yang terdapat dalam Pasal 27 Ayat (1) Undang-Undang No.19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang No.11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik Jo Pasal 55 Ayat (1) Ke-1 KUHP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Nelwitis,S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Tindak Pidana Prostitusi Online, Penjatuhan Pidana
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 07 Oct 2022 03:50
Last Modified: 07 Oct 2022 03:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/113837

Actions (login required)

View Item View Item