FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KINERJA KADER POSYANDU DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MAPADDEGAT KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI TAHUN 2015

DARMAWATI, DARMAWATI (2016) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KINERJA KADER POSYANDU DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MAPADDEGAT KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI TAHUN 2015. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201601091519th_skripsi penelitian.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (637kB)

Abstract

Hasil survey yang dilakukan oleh Universitas Andalas ( Sumatera Barat), Universitas Hasanudin (Sulawesi selatan) dan Sekolah Tinggi Ilmu Gizi (Jawa Timur) pada tahun 1999, yang mencatat hanya sekitar 40 % dari jumlah posyandu tidak memiliki peralatan yang memadai. Sebagian besar posyandu tidak memiliki tempat pelayanan yang layak, dari survay awal yang peneliti lakukan posyandu yang ada di wilayah kerja Puskesmas Mapaddegat masih menyelenggarakan kegiatannya di gudang, di kantor desa atau dirumah penduduk. Sebagian besar posyandu belum memiliki kader yang cukup bila dibandingkan dengan jumlah sasaran, dan hanya 30 % kader yang telah dilatih, masih adanya kader yang belum mampu mandiri dan masih tergantung dengan petugas puskesmas. Untuk cakupan pelayanan posyandu jugamasih rendah, untuk balita yang sebagian besar anak usia bawah dua tahuan cakupannya masih dibawah 50 %, sedangkan untuk Ibu hamil cakupannya hanya sekitar 20 %. Berdasarkan survey awal yang dilakukan pada tanggal 20 Agustus 2015 di wilayah kerja Puskesmas Mapaddegat, Hasil wawancara dengan kepala Puskesmas menyatakan bahwa kinerja kader posyandu diwilayah kerja Puskesmas Mapaddegat masih sangat rendah, hasil wawancara Kepala Puskesmas sesuai dengan laporan dari pemegang program KIA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: mrs Rahmadeli rahmadeli
Date Deposited: 31 Jul 2016 07:09
Last Modified: 31 Jul 2016 07:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11366

Actions (login required)

View Item View Item