TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PERJANJIAN JUAL BELI MELALUI INTERNET (ELECTRONIC COMMERCE) MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2008 TENTANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK

DEWI, YULIATI (2015) TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PERJANJIAN JUAL BELI MELALUI INTERNET (ELECTRONIC COMMERCE) MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2008 TENTANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201512011031st_dewi yuliati pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (765kB)

Abstract

Pemanfaatan media e-commerce dalam dunia perdagangan sangat membawa dampak pada masyarakat internasional pada umumnya dan masyarakat Indonesia pada khususnya. Bagi masyarakat Indonesia hal ini terkait masalah hukum yang sangat penting. Pentingnya permasalahan hukum dibidang e-commerce adalah terutama memberikan perlindungan terhadap para pihak yang melakukan transaksi melalui internet. Permasalahanyang diangkat dalam skripsi ini yaitu bagaimana keabsahan pe{anjlaa jual beli metalui iltqmqt, tanggung jawab para pilrak dalam pe{iadian jual beli melalui internet dan bagaimana perlindungan hukum para pihak serta penyelesaian senglieta konsumen dalam perjanjian -iual beli melalui intemet. Metode penulisan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian yuridis nornatif. Dalam keabsahan jual beli melalui iniqmet terdapat beberapa syarat, sesuai Pasal 1320 KUH perdata, yaitu kesepakatan para pihak, kecakapan untuk membuat suatu pe{anjian, suatu hal tertentu dan suatu sebab yang halal. Tanggung,lawab para nihak melalui internet. tanggung jawab penjual atau merchant adalah memberikan secara benar dan jujur atas produk yang ditawarkan kepada pembeli atau konsumen dan juga bertang.gung jawab atas pengiriman barang yang drbeli olch konsumen. Sedangkan tanggung iawab pembeli aclalah memba-yar jenis barans atau ha.rga barang yang telah disepakati. Perlindungan hukum para pihak dalam perjanjian jual beli melalui intemet yaitu perlindungan hukum didalam perjanjian dan periindungan hukum diluar perjanjian. Penyelesaian sengketa konsumen dalam e-commerce dapat mengajuk-an glrgatan kepada Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) atau mengajukan gugatan melalui peradilan umum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: mrs Rahmadeli rahmadeli
Date Deposited: 25 Jun 2016 03:02
Last Modified: 25 Jun 2016 03:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11360

Actions (login required)

View Item View Item