Konstruksi Sosial Atas Trust Terhadap Aplikasi Belanja Online

Muhamad, Farid (2022) Konstruksi Sosial Atas Trust Terhadap Aplikasi Belanja Online. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover)
COVER & ABSTRAK.pdf - Cover Image

Download (254kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (545kB)
[img] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf

Download (209kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (415kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK MUHAMAD FARID, 1510812031. Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas. Judul Skripsi: Konstruksi Sosial atas Trust terhadap Aplikasi Belanja Online. Pemimbing I, Dr. Alfan Miko, M.Si dan Pembimbing II, Prof. Dr. Damsar, MA Skipsi ini membahas tetang konsturksi sosial. Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan konstruksi sosial atas trust apliaksi belanja online Teori yang digunakan dalam penelitian ini dalah Teori Konstruksi Sosial Peter L Berger. Dalam kasus teori konstruksi sosial, realitas dan pengetahuan dibentuk oleh proses sosial dan sebaliknya. Konstruksi sosial terjadi melalui proses eksternalisasi, objektifikasi dan internalisasi. Sementara itu pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan penelitian deskriptif. Pemilihan informan dalam penelitian ini secara purposive sampling. Untuk mendapatkan data, penulis menggunakan teknik wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa trust value terbentuk dari proses eksternalisasi dengan menetahui keberadaan aplikasi belanja online melalui (1) iklan,dan (2) rekomendasi orang lain yang pernah berbelanja pada online shop. Pada proses objektifikasi ditemukan bahwa trust pengguna terbentuk berdasarkan (1) ratting penjual/toko, (2) Kolom ulasan produk, (3) Kolom deskripsi produk, (4) Label penjual/toko yang telah verivied, (5) Fitur untuk mengatasi masalah pembelian seperti retur dan refund. Pada tahapan internalisasi trust dimaknai sebagai aspek penting sebelum berbelanja menggunakan aplikasi belanja online. Kata kunci : Konstruksi Sosial, Trust, Online Shop, Eksternalisasi, Objektifikasi, Internalisasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 05 Sep 2022 04:23
Last Modified: 05 Sep 2022 04:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/112504

Actions (login required)

View Item View Item