Potensi Kecelakaan Lalu Lintas pada Simpang Empat Bersinyal Jalan M Hatta dan By-Pass, Ketaping, Padang

Pangeran, Alif El Gibran (2022) Potensi Kecelakaan Lalu Lintas pada Simpang Empat Bersinyal Jalan M Hatta dan By-Pass, Ketaping, Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (89kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (554kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (416kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf - Published Version

Download (152kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
FULL TEXT SKRIPSI (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Seiring bertambahnya penduduk, kebutuhan akan kendaraan juga semakin besar, banyaknya persimpangan bersinyal yang mengalami antrean dan kemacetan karena rambu lalu lintas yang kurang memadai dan tidak cukup meredam tingginya potensi kecelakaan. Perilaku pengendara juga menjadi salah satu faktor tingginya potensi kecelakaan pada lalu lintas. Transportasi yang kurang memadai mengakibatkan penduduk kota padang lebih memilih memakai kendaraan pribadi seperti roda dua atau empat. Banyaknya persimpangan yang mengalami antrean dan kemacetan tidak dipengaruhi dari persimpangan itu bersinyal atau tidak, rambu-rambu lalu lintas yang tidak lengkap adalah satu dari berbagai alasan persimpangan mengalami antrean dan kemacetan. Metode yang digunakan dalam penelitian pada persimpangan ini adalah Metode Traffic Conflict Technique (TCT). Metode Traffic Conflict Technique (TCT) dapat mengidentifikasi berbagai potensi kecelakaan pada persimpangan. Data didapatkan dengan menggunakan drone, data diambil pada hari Selasa (Weekday) dan hari Sabtu (Weekend) pada pukul 16.00-16.15 WIB. Analisa konflik dari simpang empat ini didapatkan 56 konflik yang terbagi atas 3 konflik, yaitu Crossing, Merging, dan Diverging. dengan jumlah konflik Crossing 31, Merging 15, Diverging 10. Dengan tingkat keseriusan konflik 30 Non-Serious Conflict dan 26 Serious Conflict dan persimpangan ini dikategorikan persimpangan Non Serious Conflict.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: YOSSYAFRA, S.T.,M.Eng.Sc.,Ph.D.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 02 Sep 2022 07:50
Last Modified: 02 Sep 2022 07:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/112472

Actions (login required)

View Item View Item