PENGGUNAAN MODEL ALTMAN, SPRINGATE, ZMIJEWSKI, DAN GROEVER SEBAGAI PREDIKTOR KEBANGKRUTAN (FINANCIAL DISTRESS) PERUSAHAAN CREDIT AGENCIES OTHER THAN BANKS YANG LISTING DI BURSA EFEK INDONESIA

YULIA, FITRA (2015) PENGGUNAAN MODEL ALTMAN, SPRINGATE, ZMIJEWSKI, DAN GROEVER SEBAGAI PREDIKTOR KEBANGKRUTAN (FINANCIAL DISTRESS) PERUSAHAAN CREDIT AGENCIES OTHER THAN BANKS YANG LISTING DI BURSA EFEK INDONESIA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

Full text not available from this repository.

Abstract

PT. Amstelco Indonesia merupakan salah satu perusahaan credit agencies other than banks. Jika dilihat secara random kondisi perusahaan credit agencies other than banks tidak stabil dalam menghasilkan laba. Seperti halnya PT. Wahana Ottomitra Multiartha Tbk. Pada tahun 2012 mengalami kerugian yang sangat besar, perubahan laba mencapai - 6.702% dari tahun sebelumnya, kasus serupa juga dialami oleh PT. Sinarmas Multi Artha Tbk. Yang juga mengalami perubahan laba sebesar -25,3 %. Sinyal-sinyal seperti ini hendaknya sudah menjadi peringatan kepada para investor yang menanamkan modal pada perusahaan credit agencies other than banks sebelum terjadinya kebangkrutan. Selain fenomena diatas ada Fenomena yang lebih harus diperhatikan bagi perusahaan credit agencies other than banks yaitu fenomena pada perusahaan tambang. PT Aneka Tambang yang merupakan salah satu badan usaha milik negara disektor pertambangan sudah mengkalkulasi seberapa besar penyusutan pendapatan usahanya setelah pemberlakuan undang-undang (UU) pertambangan mineral dan batu bara (minerba), kehilangan potensial pendapatan sekitar US$ 300 juta – US$ 350 juta pertahun. Dimana selama ini industri pertambangan bermitra juga dengan perbankan dan multifinance, dampaknya juga akan kena pada perusahaan multifinance karena perusahaan tambang banyak yang kredit alat. Biasanya ada 120 juta ton raw material yang harus dihandle beberapa traktor, truk, buldozer, dan welder, tiba-tiba hilang pasti ada yang menganggur karena ekspansi batubara tidak bisa dari 400 juta ton menjadi 600 juta ton. Hal ini juga harus dicermati oleh perusahaan multifinance.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Mr Dian Niko Putra
Date Deposited: 22 Jun 2016 04:43
Last Modified: 22 Jun 2016 04:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11234

Actions (login required)

View Item View Item