EFEKTIVITAS INTERNATIONAL LABOUR ORGANIZATION-INTERNATIONAL PROGRAM ON THE ELIMINATION OF CHILD LABOR (ILO-IPEC) DALAM MENGATASI PEKERJA ANAK DI KAMBOJA

Aditya, Kusuma (2022) EFEKTIVITAS INTERNATIONAL LABOUR ORGANIZATION-INTERNATIONAL PROGRAM ON THE ELIMINATION OF CHILD LABOR (ILO-IPEC) DALAM MENGATASI PEKERJA ANAK DI KAMBOJA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER-ABSTRAK SKRISPSI ADITYA KUSUMA.pdf - Published Version

Download (384kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
PENDAHULUAN (BAB 1) SKRIPSI ADITYA KUSUMA.pdf - Published Version

Download (518kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
PENUTUP (BAB 5) SKRIPSI ADITYA KUSUMA.pdf - Published Version

Download (184kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI ADITYA KUSUMA.pdf - Published Version

Download (329kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI UTUH ADITYA KUSUMA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pekerja anak di Kamboja. Keterbatasan Kamboja mengatasi masalah pekerja anak, memutuskan Kamboja bekerja sama dengan International Labour Organization (ILO) melalui program International Program on the Elimination of Child Labor (IPEC) dalam upaya mengatasi pekerja anak di Kamboja. Kerja sama ini diperkuat dalam komitmen kebijakan nasional, yakni pada National Plans of Action on Combating the Worst Forms of Child Labor (NPA WFCL) 2016-2025. Hambatan dalam peningkatan pendidikan dan pengawasan yang dilakukan ILO tidak menyurutkan upaya ILOIPEC dalam mencapai tujuannya, hal ini dibuktikan dengan adanya penurunan jumlah pekerja anak di Kamboja. Berdasarkan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas organisasi internasional ILO dalam mengatasi pekerja anak di Kamboja. Dalam analisis ini penulis menggunakan teori efektivitas organisasi internasional dari Frank Biermann-Steffen Bauer yang secara sistematis menggunakan analisis dari output, outcome, dan impact dari ILO-IPEC dalam menjawab masalah yang diteliti. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif analitis yang memanfaatkan data sekunder. Berdasarkan analisis yang sudah dilakukan, peneliti menemukan hasil bahwa efektivitas ILO-IPEC dalam mengatasi pekerja anak di Kamboja sudah efektif untuk saat ini. Hal ini dibuktikan melalui tiga dimensi organisasi internasional, yaitu output, outcome dan impact melalui realisasi berbagai program kerja. ILO sebagai organisasi internasional telah mampu memenuhi dimensi output, outcome, dan impact. Keterlibatan ILO dalam membantu Kamboja mengatasi pekerja anak telah memberikan dampak besar dalam penurunan angka permasalah pekerja anak di Kamboja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Muhammad Yusra, S.IP, M.A dan Putiviola Elian Nasir, S.S, M.A
Uncontrolled Keywords: ILO, Kamboja, IPEC, pekerja anak, NPA-WFCL
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: s1 ilmu hubungan internasional
Date Deposited: 01 Sep 2022 08:57
Last Modified: 01 Sep 2022 08:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/112124

Actions (login required)

View Item View Item