Robbi, Fedrio (2022) PERANAN PENGASUH DALAM PENDIDIKAN INFORMAL ANAK ASUH (STUDI KASUS PANTI ASUHAN PGAI KOTA PADANG). Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (316kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (367kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (201kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (291kB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Fenomena kemiskinan pada saat ini yang kita lihat bahwa banyak anak yang tidak dapat melanjutkan sekolahnya karna keluarga tidak mampu untuk membiayai pendidikan anak, sehingga ini merupakan salah satu faktor yang menyebabkan keluarga menitipkan anak di panti asuhan selain itu tidak jarang juga panti asuhan menjadi tempat untuk anak yatim piatu yang dititip kan oleh pihak keluarga atau kerabat terdekat. Terdapat beberapa alasan penyebab anak masuk panti asuhan yang pertama, keluarga kurang mampu membiayai kebutuhan pendidikan anak. Kedua, kedua orang tua bercerai. Ketiga, keinginan anak sendiri masuk panti asuhan, Keempat, tinggal jauh dari keluarga, ini diartikan yang mana orang tua mempercayakan anaknya untuk tinggal di panti asuhan dikarenakan lingkungan tempat tinggal orang tuanya membawa pengaruh buruk bagi perkembangan anak karena disana anak-anak usia dini sudah terlibat perilaku menyimpang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peranan pengasuh dalam meningkatkan pendidikan informal anak asuh, serta untuk mengetahui kendala yang dialami pengasuh dalam menjalankan peran pengasuhan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan menggunakan tekhnik pengumpulan data berupa Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Dengan menggunakan beberapa konsep seperti Kebudayaan, Pendidikan, enkulturasi. Temuan dalam penelitian ini ialah di dalam masyarakat tentu ada beberapa masalah social yang seringkali terjadi. Penyebab dari masalah social ini terjadi dikarenakan unsur-unsur dalam masyarakat tidak berjalan sebagaimana mestinya, salah satunya ketidakmampuan para orangtua untuk mengasuh serta memberikan kehidupan yang layak kepada anak, inilah sebab akibat dari masalah social yang terjadi. Berbagai problema seperti Kondisi Ekonomi Keluarga Anak Asuh yang tidak mempunyai kemampuan untuk menyekolahkan anaknya sampai jenjang Pendidikan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama. Keluarga anak asuh menganggap Pendidikan menjadi pilihan yang tidak wajib terpenuhi bagi para keluarga anak asuh dengan tingkatan ekonomi di bawah layak. Disorganisasi keluarga juga yang menyebabkan ketimpangan yang terjadi dalam keluarga. Menitipkan anaknya di panti asuhan sebagai bentuk usaha dan kesadaran para orangtua untuk memberikan kehidupan yang lebih layak kepada anak-anak mereka.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Drs. Edi Indrizal, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Peranan, Pendidikan, Enkulturasi, Anak Asuh. |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi |
Depositing User: | s1 antropologi sosial |
Date Deposited: | 01 Sep 2022 03:47 |
Last Modified: | 01 Sep 2022 03:47 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/111893 |
Actions (login required)
View Item |