REPRESENTASI PENYANDANG DISABILITAS DALAM MEDIA ONLINE (ANALISIS FRAMING KISAH INSPIRATIF PENYANDANG DISABILITAS DI TEMPO.CO)

Enos, Enos (2022) REPRESENTASI PENYANDANG DISABILITAS DALAM MEDIA ONLINE (ANALISIS FRAMING KISAH INSPIRATIF PENYANDANG DISABILITAS DI TEMPO.CO). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (126kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (280kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
Bab 5.pdf - Published Version

Download (36kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (279kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pemberitaan disabilitas yang inspiratif adalah penggambaran menarik bagi kebanyakan orang. Namun pemberitaan seperti ini kadang malah merugikan pihak penyandang disabilitas. Mereka digambarkan inspiratif bukan karena kemampuan yang dimiliki, tetapi karena menjadi seorang disabilitas yang mampu berprestasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Tempo.co membingkai isu penyandang disabilitas melalui kisah inspiratif. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Paradigma penelitian ini adalah paradigma konstruktivisme. Teori yang digunakan adalah teori framing dengan model Zhongdang Pan dan Kosicki. Dalam penelitian ini sumber data primer peneliti adalah kisah inspiratif penyandang disabilitas di Tempo.co periode 2020-2021 sedangkan data sekunder adalah literatur yang berkaitan. Hasil penelitian yang didapatkan ialah pertama, Tempo.co dalam kesatuan sintaksis mengedepankan alasan seorang disabilitas bisa menjadi sosok inspiratif bukanlah karena prestasi dan dampak besar mereka pada masyarakat. Melainkan karena mereka disabilitas yang mampu berprestasi. Kedua, Tempo.co mengisahkan isu disabilitas adalah dengan cara menceritakan bagaimana mulanya mereka menjadi difabel, bagaimana sulitnya kehidupan menjadi seorang disabilitas dan bagaimana akhirnya mereka menemukan cara dalam menjalani hidup dan beprestasi. Ketiga, Tempo.co cenderung ingin memberikan kesan yang dramatis dan menggugah rasa simpatik pembaca pada kehidupan seorang penyandang disabilitas. Keempat, penekanan fakta pada Tempo.co cenderung menimbulkan rasa simpati. Kata Kunci: Disabilitas, Framing, Media Online, Representasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Vitania Yulia, S.Sos., M.A
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 01 Sep 2022 07:52
Last Modified: 01 Sep 2022 07:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/111864

Actions (login required)

View Item View Item