STUDI INTRUSI AIR LAUT DENGAN METODE R.REVELLE DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENYAKIT KULIT DI KAWASAN PESISIR KECAMATAN PADANG UTARA, KOTA PADANG

RAHMI, HIDAYATI (2016) STUDI INTRUSI AIR LAUT DENGAN METODE R.REVELLE DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENYAKIT KULIT DI KAWASAN PESISIR KECAMATAN PADANG UTARA, KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
1. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
2. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
3. BAB AKHIR PENUTUP.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (20kB) | Preview
[img] Text (TUGAS AKHIR UTUH)
5. TUGAS AKHIR ILMIAH UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kawasan pesisir pantai menjadi tempat tinggal bagi 34,5% dari total rumah tangga di Kecamatan Padang Utara dengan penggunaan air sumur mencapai 25%. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis terjadinya intrusi air laut dengan Metode R.Revelle yaitu nilai rasio ion klorida dengan ion total karbonat (R) dan membuat peta zonasi air asin dengan aplikasi Surfer 11. Selain itu, juga dilakukan analisis pengaruh penggunaan air sumur terintrusi dengan penyakit kulit di kawasan pesisir pantai Kecamatan Padang Utara dengan analisis risk ratio. Berdasarkan pengukuran pada Bulan November 2015 terdapat dua kawasan yang mengalami intrusi air laut yaitu Ulak Karang Selatan dengan kategori intrusi tinggi (R=7,25) dan Ulak Karang Utara dengan kategori intrusi sedikit (R=1,23). Pengukuran pada Bulan Februari 2016 menunjukkan kawasan Air Tawar Barat, Ulak Karang Utara dan Ulak Karang Selatan sudah mengalami intrusi air laut dengan kategori intrusi sedikit (R=0,70-1,27) dan intrusi sedang (R=2,13). Berdasarkan hasil kuesioner menunjukkan bahwa masyarakat di Kawasan Air Tawar Barat dan Ulak Karang Selatan berisiko mengalami penyakit kulit akibat penggunaan sumur terintrusi air laut dengan risk ratio 1,168. Kata Kunci: intrusi air laut, Metode R.Revelle, Pesisir Kecamatan Padang Utara, Peta zonasi, Penyakit kulit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 21 Jun 2016 04:13
Last Modified: 21 Jun 2016 04:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11179

Actions (login required)

View Item View Item