Kajian Aktivitas Mikroorganisme Tanah pada Beberapa Kelas Lereng di Perkebunan Teh (Camellia sinensis) Rakyat Kenagarian Batang Barus Kecamatan Gunung Talang

Queensy, Julyane Monica (2022) Kajian Aktivitas Mikroorganisme Tanah pada Beberapa Kelas Lereng di Perkebunan Teh (Camellia sinensis) Rakyat Kenagarian Batang Barus Kecamatan Gunung Talang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover & abstrak.pdf - Published Version

Download (338kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (306kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (135kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (326kB)
[img] Text (Skripsi full)
Tugas Akhir full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perkebunan teh umumnya terletak pada topografi berlereng. Lereng dapat mempengaruhi aktivitas mikroorganisme dalam tanah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji aktivitas mikroorganisme di perkebunan teh rakyat berdasarkan kelas lereng, dan bagaimana hubungan sifat kimia dan fisika tanah dengan aktivitas mikroorganisme. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei, sampel diambil secara purposive sampling pada lereng 0-8 % (datar), 8-15 % (landai) 15-25 % (agak curam), 25-45 % (curam), >45 % (sangat curam) di Nagari Batang Barus Kecamatan Gunung Talang. Parameter yang dianalisis yaitu populasi bakteri, populasi jamur, bakteri fiksasi N, respirasi, biomassa C-mikroorganisme, C-organik, pH, N-total, P-tersedia, BV, dan TRP. Hasil penelitian menunjukkan populasi dan aktivitas mikroorganisme menurun seiring naiknya kelas lereng. Populasi bakteri yang didapatkan berkisar antara 6 x 106 – 14 x 106 CFU/g dan populasi jamur pada lima kelas lereng berkisar antara 3 x 105 – 6 x 105 CFU/g. Bakteri fiksasi N naik seiring meningkatnya kelas lereng dengan nilai berkisar antara 11,3 x 103 – 25,6 x 103 CFU/g. Nilai respirasi berkisar antara 10,56 – 21,12 mgCO2/m2/hari, serta biomassa C-mikroorganisme yaitu 0,001 – 0,119 %. Aktivitas mikroorganisme berkorelasi negatif dengan C-organik dan berkorelasi positif dengan pH. Populasi bakteri berkorelasi positif dengan N-total dan P-tersedia, berkorelasi negatif dengan BV dan TRP. Populasi jamur berkorelasi negatif dengan N-total dan BV, berkorelasi positif dengan P-tersedia dan TRP. Bakteri fiksasi N berkorelasi positif dengan N-total, dan berkorelasi negatif dengan P-tersedia, BV, TRP. Respirasi dan biomassa C-mikroorganisme berkorelasi negatif dengan N-total dan TRP, berkorelasi positif dengan P-tersedia dan BV.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Oktanis Emalinda, MP
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Mikroorganisme, Biomassa, Lereng, Populasi, Respirasi
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah
Depositing User: s1 ilmu tanah
Date Deposited: 30 Aug 2022 04:38
Last Modified: 30 Aug 2022 04:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/111237

Actions (login required)

View Item View Item