Gambaran Distribusi Pasien Tuberkulosis Ekstraparu Yang Diperiksa Di Laboratorium Patologi Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Periode 2019-2021

Ilham, Kurnia Aziputra (2022) Gambaran Distribusi Pasien Tuberkulosis Ekstraparu Yang Diperiksa Di Laboratorium Patologi Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Periode 2019-2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover + abstrak .pdf - Published Version

Download (255kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan .pdf - Published Version

Download (342kB)
[img] Text (BAB VI Penutup)
BAB VI Penutup .pdf - Published Version

Download (144kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar pustaka .pdf - Published Version

Download (216kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tuberkulosis merupakan penyakit infeksi menular paru paru yang kasusnya masih sangat tinggi didunia. Bakteri mycobacterium tuberculosis berperan penting dalam penyakit ini selain menyerang organ paru-paru. Bakteri ini juga bisa menyebar dan menginfeksi organ lainnya diluar paru yang biasa disebut tuberkulosis ekstraparu. Penyakit ini memliki tingkat mortalitas yang tinggi tetapi masih sedikit penelitian terkait penyakit ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui distribusi pasien TBEP yang diperiksa secara histopatologis di Laboratorium Patologi Anatomi Universitas Andalas Periode 2019-2021 berdasarkan jenis kelamin, rentang usia dan lokasi infeksi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan desain penelitian retrospektif dengan total sampel sebanyak 152 pasien TBEP yang diperiksa secara histopatologis di Laboratorium Patologi Anatomi Fakukltas Kedokteran Universitas Andalas yang memenuhi kriteria inklusi. Instrumen penelitian ini berupa data rekam medis yang dianalisis menggunakan analisis univariat. Hasil penelitian didapatkan bahwa pasien TBEP terbanyak yaitu pasien TB kelenjar limfa sebanyak 118 orang. Jenis kelamin terbanyak yang mengalami TBEP yaitu perempuan. Rentang Usia pada TBEP didominasi rentang usia 15-24 dan 25- 44 tahun, sedikit berbeda untuk TB tulang yang yaitu pada usia 45 - ≥65 tahun. Kesimpulan Penelitian ini yaitu pada pasien TBEP yang diperiksa lebih didominasi perempuan, karena ditemukan sebanyak 4 dari 5 kategori lokasi infeksi. Sementara untuk rentang usia didominasi usia produktif 15-24 serta 25-45 tahun karena ditemukan sebanyak 3 dari 5 kategori lokasi infeksi. Sementara 2 lainnya di dominasi rentang usia 45 - ≥65 tahun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Aswiyanti Asri, M.Si.Med, Sp.PA (K)
Uncontrolled Keywords: Tuberkulosis Ekstraparu, Mycobacterium tuberculosis, TB kelenjar limfa, TB tulang
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 31 Aug 2022 03:15
Last Modified: 31 Aug 2022 03:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/111232

Actions (login required)

View Item View Item