PENGARUH MANUVER PARKIR KENDARAAN PADA PARKIR DI BADAN JALAN TERHADAP ARUS LALU LINTAS, STUDI KASUS DI JALAN PATTIMURA, PADANG

AYU, FERONIKA (2022) PENGARUH MANUVER PARKIR KENDARAAN PADA PARKIR DI BADAN JALAN TERHADAP ARUS LALU LINTAS, STUDI KASUS DI JALAN PATTIMURA, PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (758kB)
[img] Text (BAB I (PENDAHULUAN))
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (868kB)
[img] Text (BAB V (KESIMPULAN))
BAB V (KESIMPULAN).pdf - Published Version

Download (814kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (739kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan lahan parkir di badan jalan dapat menyebabkan terganggunya arus lalu intas. Salah satu ruas jalan di Kota Padang yang sebagian badan jalannya digunakan untuk parkir kendaraan adalah jalan Pattimura. Ketika kendaraan melakukan manuver parkir akan membutuhkan waktu beberapa saat terutama ketika mengeluarkan kendaraan. Aktivitas ini dapat mengakibatkan tertundanya arus lalu lintas dan menimbulkan antrian kendaraan yang seterusnya dapat menyebabkan kemacetan lalu lintas. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi manuver parkir di badan jalan, formasi keterisian ruang parkir yang mempengaruhi manuver parkir di badan jalan, serta dampak manuver parkir pada karakteristik lalu lintas meliputi volume kendaraan, kecepatan rata – rata, dan time headway kendaraan. Penelitian dilakukan dengan metode survai lapangan dan dibantu menggunakan 2 Video Recorder yang merekam karakteristik – karakteristik yang diperlukan. Penelitan ini dilakukan pada hari Selasa dan Rabu (17-18 Agustus 2021) berdasarkan perkiraan kepadatan kendaraan yang hampir sama pada hari- hari biasa. Analisa data yang dihasilkan meliputi dua karakteristik, yakni karakteristik parkir dan karakteristik lalu lintas yang dikelompokkan dalam dua kondisi lalu lintas yakni ketika arus lalu lintas lancar dan ketika arus lalu lintas terganggu akibat aktivitas manuver parkir. Karakteristik parkir yang diteliti berupa durasi manuver parkir ketika memasuki dan meninggalkan ruang parkir yang didasarkan pada faktor keberadaan kendaraan lain disisi ruang parkir, dan karakteristik lalu lintas berupa perhitungan volume kendaraan, kecepatan rata-rata ruang, dan time headway antar kendaraan. Dari penelitian yang dilakukan didapatkan hasil bahwa manuver masuk parkir memiliki rentang waktu rata – rata 6,6 - 13,9 detik. Sedangkan durasi manuver keluar berkisar antara 9,3– 23,4 detik. Pada karakteristik lalu lintas dihasilkan volume kendaraan pada hari Selasa (17 Agustus 2021) didominasi oleh sepeda motor dengan volume kendaraan ketika arus lalu lintas lancar sebesar 3091 kendaraan, sedangkan ketika terjadi gangguan manuver kendaraan menjadi 2122 kendaraan. Dari total volume kendaraan ketika arus lalu lintas lancar dibandingkan volume arus lalu lintas terganggu akibat manuver didapatkan nilai penurunan volume kendaraan sebesar 31,4%. Dan dilakukan uji z dua arah diketdapatkan bahwa penurunan yang terjadi bersifat signifikan. Pada hari Rabu (18/08/2021) ketika arus lalu lintas lancar, jumlah volume kendaraan sebanyak 3081 kendaraan. Sedangkan ketika terjadi gangguan manuver volume kendaraan menjadi 1683 kendaraan. Jumlah penurunan volume kendaraan ketika arus lalu lintas lancar dibandingkan ketika terdapat gangguan adalah sebesar 45,4%. Dan dilakukan uji z dua arah diketdapatkan bahwa penurunan yang terjadi bersifat signifikan. Kecepatan kendaraan ringan ketika arus lalu lintas lancar dominan berkecepatan 20 – 25 km/h, sedangkan jika terjadi gangguan manuver parkir, kendaraan ringan dominan berada di kecepatan 10-15 km/h maka didapatkan nilai penurunan kecepatan sebesar 56,8% dan dari hasil uji z dua arah diketahui penurunan kecepatan kendaraan ringan bersifat signifikan. Besar kecepatan sepeda motor ketika arus lalu lintas lancar dominan berada pada kecepatan 25 – 30 km/h sedangkan untuk kecepatan sepeda motor ketika terjadi gangguan manuver parkir didominasi pada kecepatan 20 – 25 km/h dan mengalami penurunan kecepatan 37,3% dari hasil uji z dua arah diketahui penurunan kecepatan sepeda motor bersifat signifikan. Pada Analisa time headway kendaraan waktu tercepat untuk menyusul kendaraan sebelumnya ketika arus lalu lintas lancar adalah selama 0,840 detik, sedangkan waktu tercepat kendaraan ketika menyusul kendaraan sebelumnya saat terjadi manuver parkir adalah selama 0,2 detik. Diketahui penurunan time headway kendaraan sebesar 11,1% dan dari uji z dua arah diketahui penurunan tersebut tidak bersifat signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Purnawan, Ph. D
Uncontrolled Keywords: parkir,manuver parkir, tundaan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 30 Aug 2022 03:36
Last Modified: 30 Aug 2022 03:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/111042

Actions (login required)

View Item View Item