Simulasi dan Analisa Sistem Kendali Automatic Voltage Regulator Arus Searah Umpan Balik Satu dengan PIDTune Model Standard (Analisa Domain Frekuensi)

Anisha, Denia Putri (2022) Simulasi dan Analisa Sistem Kendali Automatic Voltage Regulator Arus Searah Umpan Balik Satu dengan PIDTune Model Standard (Analisa Domain Frekuensi). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (46kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (96kB)
[img] Text (BAB V Simpulan dan Saran)
BAB V Simpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (92kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (114kB)
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
TA Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu komponen yang digunakan dalam penyaluran tenaga listrik adalah generator. Perubahan kebutuhan daya reaktif pada beban mempengaruhi operasi pembangkitan energi listrik pada generator sehingga kestabilan pada tegangan terminal akan terpengaruh dan kestabilan dari tegangan generator tidak terjaga. Untuk mengatasi ketidakstabilan tegangan pada generator digunakan Automatic Voltage Regulator. Automatic Voltage Regulator (AVR) berperan dalam menahan tegangan terminal keluaran generator pada level yang telah ditentukan. Sistem AVR tidak selalu bekerja secara optimal dalam beroperasi, oleh sebab itu diperlukan pengendali yang ditambahkan pada sistem AVR. Pengendali yang digunakan adalah PIDTune model standard dengan variasi P, PI, PD, PID, PDF, dan PIDF, dilanjutkan dengan menganalisa domain frekuensi dan kekokohan. Dalam perancangan pengendali ditambahkan beberapa konfigurasi, diantaranya konfigurasi dasar, filter, feedback, feedforward, cascade, dan cascade tipe 2. Kriteria perancangan untuk masing-masing analisa domain frekuensi lingkar terbuka, analisa domain frekuensi lingkar tertutup, dan analisa kekokohan ditetapkan berdasarkan hasil analisa sistem tanpa pengendali menggunakan software matlab. Analisa dilakukan dengan membandingkan hasil analisa tanpa pengendali dan dengan pengendali menggunakan konfigurasi yang berbeda-beda, kemudian hasil analisa tersebut ditampilkan melalui Graphical User Interface (GUI) yang telah didesain. Berdasarkan hasil analisa yang dilakukan, pengendali yang dapat membuat sistem bekerja lebih optimal adalah pengendali proporsional-diferensial (PD) menggunakan konfigurasi dasar dan pengendali proporsional diferensial dengan filter orde pertama pada bagian diferensial (PDF) menggunakan konfigurasi dasar dan cascade.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Heru Dibyo Laksono, M.T.
Uncontrolled Keywords: AVR, PIDTune, GUI, filter, feedback, feedforward, cascade
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 30 Aug 2022 06:42
Last Modified: 30 Aug 2022 06:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/110927

Actions (login required)

View Item View Item