PENGARUH SUPLEMENTASI ENZIM MANANNASE DARI KAPANG Eupenicillium javanicum TERHADAP KECERNAAN SERAT KASAR, RETENSI NITROGEN DAN ENERGI METABOLISME BUNGKIL INTI SAWIT

Vebera, maslami (2015) PENGARUH SUPLEMENTASI ENZIM MANANNASE DARI KAPANG Eupenicillium javanicum TERHADAP KECERNAAN SERAT KASAR, RETENSI NITROGEN DAN ENERGI METABOLISME BUNGKIL INTI SAWIT. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201501231108rd_skripsi compres.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan dosis suplementasi enzim manannase dari kapang Eupenicillium javanicum pada bungkil inti sawit (BIS) terhadap daya cerna serat kasar, retensi nitrogen, dan energi metabolisme ayam broiler. penelitian dilaksanakan dikandang unit ternak unggas UPT fakultas peternakan Universitas Andalas. Metode yang digunakan eksperimen dengan rancangan acak lengkap (RAL) dengan lima perlakuan suplementasi enzim manannase A ( 0 U/kg), B ( 700 U/kg), C ( 800 U/kg), D ( 900 U/kg) dan E ( 1000 U/kg) dengan empat ulangan. Peubah yang diamati adalah daya cerna serat kasar (%), retensi nitrogen (%) dan energi metabolisme (kkal/kg). Hasil penelitian menunjukan bahwa perlakuan memberikan pengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap daya cerna serat kasar, retensi nitrogen dan energi metabolisme. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa suplementasi enzim manannase pada BIS 1000 U/kg dapat memberikan daya cerna serat kasar 71,29%, retensi nitrogen 74,35% dan energi metabolisme 3330,66 Kkal/kg. Kata kunci: Bungkil Inti Sawit, Enzim Manannase, Daya Cerna Serat Kasar, Retensi Nitrogen, Energi Metabolisme.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Mr Fajrun RB
Date Deposited: 19 Jun 2016 02:43
Last Modified: 19 Jun 2016 02:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11066

Actions (login required)

View Item View Item