Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Penggunaan Media Sosial di Kalangan Ibu-Ibu (Studi Kasus Enam Ibu Rumah Tangga di RT 02 RW 011 Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok)

Ibti, Rana Ariqah (2022) Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Penggunaan Media Sosial di Kalangan Ibu-Ibu (Studi Kasus Enam Ibu Rumah Tangga di RT 02 RW 011 Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (119kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
Text (BAB I).pdf - Published Version

Download (426kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
Text (BAB V Penutup).pdf - Published Version

Download (125kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Text (Daftar Pustaka).pdf - Published Version

Download (185kB)
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI FULL FIX BISMILLAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Ibti Rana Ariqah. 1810822021. Jurusan Antropologi Sosial. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Andalas. Padang. 2022. Judul “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Penggunaan Media Sosial di Kalangan Ibu-Ibu (Studi Kasus Enam Ibu Rumah Tangga di RT 02 RW 011 Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Cimanggis,Kota Depok)”. Penelitian ini mendeskripsikan penggunaan media sosial pada ibu-ibu dalam kegiatan kesehariannya pada masa pandemi covid-19. Dari media sosial yang digunakan oleh para ibu pada saat pandemi tersebut, terdapat dampak positif dan negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media sosial pada ibu-ibu di RT 02 RW 011 dalam kegiatan kesehariannya, serta menganalisis dampak dari penggunaan media sosial pada saat pandemi di kalangan ibu-ibu dengan lingkungannya. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan studi naratif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa studi kepustakaan, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan enam ibu rumah tangga sebagai informan pelaku dan lima informan pengamat. Dari hasil Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial di kalangan ibu rumah tangga pada saat pandemi covid-19 dalam pemanfaatannya menghasilkan beberapa dampak yang terbagi dua menjadi positif dan negatif. Dampak positif yang diantaranya sebagai Aktivitas bisnis, sebagai Sarana afirmasi dan motivasi dan juga sebagai media Hiburan dan edukasi dan termasuk hal yang efisien serta praktisDalam hal negatif sendiri memperlihatkan bahwa dampak negatif yaitu Berkurangnya hubungan dan aktivitas sosial secara langsung dan Menyebabkan lupa waktu dan berpengaruh pada hubungan keluarga. Kata Kunci: Dampak, Pandemi, Ibu rumah tangga, Media sosial

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Sri Setiawati, MA
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: s1 antropologi sosial
Date Deposited: 26 Aug 2022 08:45
Last Modified: 26 Aug 2022 08:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/110250

Actions (login required)

View Item View Item