THE TRANSFORMATION FROM JANE AUSTEN’S PRIDE AND PREJUDICE (1813) NOVEL TO PRIDE & PREJUDICE (2005) FILM: A COMPARATIVE ANALYSIS

Putri, Purnama Sari (2014) THE TRANSFORMATION FROM JANE AUSTEN’S PRIDE AND PREJUDICE (1813) NOVEL TO PRIDE & PREJUDICE (2005) FILM: A COMPARATIVE ANALYSIS. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (SKRIPSI)
201505121327th_thesis pdf. putri purnama sari 1010732016.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (808kB)

Abstract

Skripsi ini membandingkan dua karya yang berbeda yaitu sebuah sumber karya sastra dari seorang penulis yang bernama Jane Austen dengan novelnya yang berjudul Pride and Prejudice dan sebuah karya film yang diadaptasi oleh seorang sutradara dengan judul Pride & Prejudice. Novel ini diadaptasi ke dalam bentuk sebuah film pada tahun 2005. Tujuan penelitian ini adalah mengungkapkan seberapa besar kualitas kesetiaan seorang pembuat film dalam menginterpretasikan sebuah sumber karya sastra. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teori adaptasi yang dikemukakan oleh Linda Hutcheon dengan membandingkan dua karya. Hasil analisa menunjukkan bahwa film adaptasi melakukan perubahan unsur cerita seperti pengliberalisasian penokohan karakter Elizabeth, pemodifikasian alur cerita, pembaharuan latar cerita atau setting, dan penggunaan istilah sudut pandang dalam menarasikan sebuaah cerita, serta ketidaksetiaan dalam menginterpretasikan sumber karya sastra berdasarkan beberapa alasan yaitu perbedaan medium, durasi, dan penekanan karakter. Kata kunci: sumber karya sastra, film adaptasi, interpretasi, teori adaptasi, pembuat film.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 18 Jun 2016 06:57
Last Modified: 18 Jun 2016 06:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11006

Actions (login required)

View Item View Item