TEKS BERITA CALON PRESIDEN RI PERIODE 2014-2019 DALAM PORTAL TEMPO.CO DAN VIVA.CO.ID ANALISIS WACANA PERSPEKTIF TEUN A.VAN JICK

ANDIKA, DESTIKA KAGHEN (2015) TEKS BERITA CALON PRESIDEN RI PERIODE 2014-2019 DALAM PORTAL TEMPO.CO DAN VIVA.CO.ID ANALISIS WACANA PERSPEKTIF TEUN A.VAN JICK. Masters thesis, UPT. Perpustakaan Unand.

[img] Text
201510262358th_tesis.compressed-2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (900kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) struktur teks, (2) kognisi sosial, dan (3) konteks sosial berita calon Presiden RI Periode 2014-2019 yang dimuat di portal viva.co.id dan tempo.co dengan menggunakan teori Teun A van Dijk. Berdasarkan cara dan prosedur analisis datanya, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena yang diteliti adalah teks berita yang menghasilkan data deskriptif. Data dalam penilitian ini adalah teks berita di portal viva.co.id dan tempo.co. Data dikumpulkan melalui metode simak. Metode simak diwujudkan lewat teknik dasar dan teknik lanjutan. Teknik dasar yang digunakan adalah teknik sadap, sedangkan teknik lanjutan yang digunakan adalah simak bebas libat cakap dan teknik catat. Untuk menganalisis data, metode yang digunakan adalah metode padan yaitu padan referensial. Penyajian hasil analisis data dilakukan dengan metode informal. Berdasarkan hasil analisis melalui struktur teks, kognisi sosial, dan konteks sosial teori Teun A van Dijk ditemukan teks berita viva.co.id dan tempo.co sebagai berikut. Pertama, struktur teks berita calon presiden RI yang dimuat viva.co.id saling bertentangan dengan tempo.co. Portal viva.co.id menggambarkan secara positif sosok calon presiden Prabowo Subianto-Hatta Radjasa, sebaliknya portal tempo.co menggambarkan secara positif calon presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla. Kedua portal ini cendrung melindungi calon yang diusungnya bila sang calon diserang isu negatif. Kedua, kognisi sosial yang terdapat dalam berita dapat diketahui dari jenis pengetahuan yang digunakan, yaitu pengetahuan kelompok, nasional, dan kebudayaan. Portal viva.co.id mengusung ideologi kapitalisme pada satu sisi, dan nilai-nilai masyarakat Jawa pada sisi yang lain. Semua peryataan yang muncul dalam berita portal viva.co.id menggambarkan positif sosok calon presiden Prabowo Subianto-Hatta Radjasa. Sementara portal tempo.co mengusung ideologi liberalisme pada satu sisi, dan ajaran Islam pada sisi lain. Pernyataan yang muncul pada berita tempo.co melindungi calon presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla dari kampanye negatif. Ketiga, konteks sosial yang digambarkan dalam berita calon presiden RI Periode 2014-2019 dalam portal viva.co.id dan tempo.co adalah mengenai kapitalisme, liberalisme, ajaran Islam, nilai-nilai masyarakat Jawa, viva.co.id, tempo.co, serta hubungan antara Mahfud MD, Rohmahurmuzy, Hashim Dojohadikusumo dengan Prabowo-Hatta Radjasa, hubungan antara Muhaimin Iskandar, Rieke Dyah Pitaloka, Shofwan Karim dengan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Kata kunci: analisis wacana kritis, kognisi sosial, berita, calon presiden RI periode 2014-2019

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Pascasarjana Tesis
Depositing User: Ms Meldiany Ramadhona
Date Deposited: 05 Feb 2016 07:40
Last Modified: 05 Feb 2016 07:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/1098

Actions (login required)

View Item View Item