Gambaran Peresepan Kortikosteroid Tunggal pada Pasien yang Berobat di Poliklinik Kulit dan Kelamin RSUP Dr. M. Djamil Padang Periode 2021

Mohammad, Rafiequl Haririy (2022) Gambaran Peresepan Kortikosteroid Tunggal pada Pasien yang Berobat di Poliklinik Kulit dan Kelamin RSUP Dr. M. Djamil Padang Periode 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (803kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (794kB)
[img] Text (BAB Akhir)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (780kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (784kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Dalam bidang dermatologi, banyak penyakit kulit yang diterapi menggunakan kortikosteroid. Pemakaian kortikosteroid yang tidak sesuai dengan aturannya dapat mengakibatkan banyak efek samping yang dapat memperlama maupun memperburuk penyakit kulit. Untuk mencegah hal tersebut, maka dibutuhkan pemantauan terapi termasuk pemantauan peresepan kortikosteroid yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran peresepan kortikosteroid pada pasien yang berobat di Poliklinik Kulit dan Kelamin RSUP Dr. M. Djamil Padang periode 2021. Penelitian ini merupakan studi deskriptif retrospektif menggunakan data sekunder rekam medik pasien yang dilakukan di fasilitas Instalasi Rekam Medik RSUP Dr. M. Djamil Padang. Subjek penelitian merupakan pasien yang berobat di Poliklinik Kulit dan Kelamin yang mendapat resep kortikosteroid pada periode 2021. Pada Penelitian ini terdapat 340 resep yang memenuhi kriteria inklusi penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa obat kortikosteroid yang diresepkan adalah Desoksimetason, Prednison, Mometason Furoat, Metilprednisolon, Triamcinolone Asetonide, Diflukortolon Valerat, Hidrokortison dan Clobetasol. Rute pemberian dari yang terbanyak adalah Topikal, Oral, dan Intralesi. Bentuk sediaan obat dari yang terbanyak adalah Cream, Tablet, Injeksi ,dan Ointment. Tingkat kesesuaian indikasi dan obat kortikosteroid yang diresepkan adalah 97,06% dan tingkat kesesuaian dosis yang diresepkan sebanyak 100%. Kesimpulan pada studi ini, sebagian besar dari obat kortikosteroid yang diresepkan dalam bentuk Topikal. Terdapat perbedaan antara peresepan obat yang sama pada penyakit yang berbeda ataupun sebaliknya dan peresepan obat yang sama pada penyakit yang sama namun berbeda dosis dikarenakan kondisi pasien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dra. Erlina Rustam, Apt., MS
Uncontrolled Keywords: Kulit, Resep, Kortikosteroid
Subjects: R Medicine > RL Dermatology
R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 22 Aug 2022 08:29
Last Modified: 22 Aug 2022 08:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/109581

Actions (login required)

View Item View Item