PENGARUH PEMBERIAN BERBAGAI KONSENTRASI Indole Butyric Acid (IBA) DAN JENIS BAHAN SETEK TERHADAP PERTUMBUHAN SETEK KANTONG SEMAR (Nepenthes ampullaria Jack.)

Nur, Afvizah (2022) PENGARUH PEMBERIAN BERBAGAI KONSENTRASI Indole Butyric Acid (IBA) DAN JENIS BAHAN SETEK TERHADAP PERTUMBUHAN SETEK KANTONG SEMAR (Nepenthes ampullaria Jack.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (343kB)
[img] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (331kB)
[img] Text (Bab 5)
Bab 5.pdf - Published Version

Download (208kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (338kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Full.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Tanaman kantong semar (Nepenthes ampullaria Jack.) memiliki peminat yang tinggi disebabkan bentuk, warna dan sifatnya yang unik sehingga banyak terjadi eksploitasi, oleh karena itu perlu dilakukan upaya konservasi. Perbanyakan tanaman kantong semar dapat dilakukan secara vegetatif yaitu dengan setek. Pemberian ZPT IBA berperan untuk mempercepat pertumbuhan akar dan tunas pada setek. Pemberian berbagai konsentrasi IBA dapat memepengaruhi pertumbuhan setek. Faktor lain yang mempengaruhi pertumbuhan setek adalah jenis bahan setek yang digunakan. Penelitian ini telah dilaksanakan di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian, Universitas Andalas, Kota Padang, pada bulan Agustus – Desember 2021. Penelitian bertujuan untuk mendapatkan interaksi terbaik antara konsentrasi IBA dan bahan setek terhadap pertumbuhan setek Nepenthes ampullaria Jack., serta untuk mendapatkan konsentrasi IBA yang memberikan pengaruh terbaik terhadap pertumbuhan setek Nepenthes ampullaria Jack., kemudian untuk mendapatkan bahan setek yang memiliki pertumbuhan terbaik pada Nepenthes ampullaria Jack. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial. Faktor pertama adalah konsentrasi IBA yang terdiri dari 4 taraf yaitu 15 ppm, 20 ppm, 25 ppm, dan 30 ppm, faktor kedua adalah jenis bahan setek yang terdiri dari 2 taraf yaitu batang dan pucuk. Data hasil pengamatan dianalisis dengan uji F 5%. Hasil yang didapatkan adalah tidak terdapat interaksi antara konsentrasi IBA dan bahan setek terhadap pertumbuhan setek kantong semar, Konsentrasi IBA memberikan pengaruh yang sama terhadap pertumbuhan setek tanaman kantong semar dan bahan setek yang memiliki pertumbuhan terbaik pada pertumbuhan kantong semar adalah setek batang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Zulfadly Syarif, M.P.
Uncontrolled Keywords: kantong semar, IBA, bahan setek
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 19 Aug 2022 04:39
Last Modified: 19 Aug 2022 04:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/109455

Actions (login required)

View Item View Item