Implementasi Sistem Pengukuran Suhu Tubuh Menggunakan Sensor AMG8833 Dalam Pengisian Formulir Self Essessment Sebagai Pencegahan Penularan Covid-19

Wiwin, Lovita (2022) Implementasi Sistem Pengukuran Suhu Tubuh Menggunakan Sensor AMG8833 Dalam Pengisian Formulir Self Essessment Sebagai Pencegahan Penularan Covid-19. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
[1] Cover+Abstrak.pdf - Published Version

Download (61kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
[2] BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (152kB)
[img] Text (Bab V Kesimpulan dan Saran)
[3] BAB V Kesimpulan Dan Saran.pdf - Published Version

Download (58kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
[4] Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (193kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
[5] Laporan Tesis Lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pada masa pandemi covid-19, Pemerintahan Indonesia menerapkan aturan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) bagi masyarakat yang melakukan aktivitas di luar rumah untuk mencegah semakin meluasnya penularan covid- 19, dengan mengukur suhu tubuh dan pengisian formulir self essessment atau absensi resiko covid-19. AMG8833 mengukur suhu tubuh secara non kontak melalui pancaran inframerah pada tubuh. HC-SR04 mengukur jarak sensor pada dahi dengan menerima pantulan gelombang sinyal oleh receiver berupa sinyal kotak (pulsa). Sinyal yang diterima dari receiver akan menjadi data input jarak pada mikrokontroller. Mikrokontroller yang digunakan adalah arduino uno sebagai pemprosesan data, buzzer dan LCD (16X2) sebagai tampilan data suhu dan memberikan tanda bunyi jika suhu diatas 37,30C. Pengisian formulir dilakukan melalui smartphone tanpa adanya kontak dengan seseorang ataupun dengan benda lain, terdiri dari nama, jenis kelamin, suhu, foto suhu, serta 6 buah pertanyaan mengenai apa yang dilakukan 14 hari terakhir. Dari setiap pertanyaan tersebut diberikan nilai skor dan didapatkan hasil resiko covid-19 jika 0 = Resiko Kecil, 1-4 = Resiko Sedang dan > 5 = Resiko Besar. Metode yang digunakan yaitu regresi linear dengan membandingkan data pengukuran suhu tubuh dalam bentuk grafik dan respon garis. Pengukuran suhu tubuh dilakukan sebanyak 3 kali dengan membandingkan pengukuran suhu tubuh menggunakan sensor AMG8833 dengan thermogun pada jarak 5cm, 10cm dan 15cm. Hasil pengukuran suhu tubuh berdasarkan jarak yang akurat yakni 10cm pengukuran menggunakan sensor AMG8833 dan didapatkan nilai rata-rata error sebesar 0.11% dengan selisih rata-rata sebesar 0.04%. Pengisian formulir Self Essessment dan pengukuran suhu tubuh ini diharapkan dapat dilakukan sebagai pencegahan penularan covid-19.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Aulia,Ph.D
Uncontrolled Keywords: formulir self essessment, AMG8833, HCSR04, arduino, buzzer, LCD, regresi linear
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 teknik elektro
Date Deposited: 20 Aug 2022 02:39
Last Modified: 20 Aug 2022 02:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/109392

Actions (login required)

View Item View Item