PERTUMBUHAN PROTOKORM ANGGREK Grammatophyllum scriptum (Lindl.) Blume SECARA IN VITRO PADA MEDIA VACIN DAN WENT YANG DIPERKAYA BAHAN ORGANIK EKSTRAK JAGUNG

Hafshah, Mentari Zurisah (2022) PERTUMBUHAN PROTOKORM ANGGREK Grammatophyllum scriptum (Lindl.) Blume SECARA IN VITRO PADA MEDIA VACIN DAN WENT YANG DIPERKAYA BAHAN ORGANIK EKSTRAK JAGUNG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (80kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
SKRIPSI BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (193kB)
[img] Text (BAB 5 Kesimpulah)
SKRIPSI BAB 4 KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (52kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
SKRIPSI DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (163kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI COVER PUTIH HAFSHAH MENTARI ZURISAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian tentang Pertumbuhan Protokorm Anggrek Grammatophyllum scriptum (L.) Blume secara In Vitro pada Media Vacin dan Went (VW) yang Diperkaya Ekstrak Jagung dilakukan pada bulan Februari hingga Mei 2022 di Laboratorium Fisiologi Tumbuhan, Departemen Biologi, FMIPA, UNAND, Padang. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak jagung serta mengetahui konsentrasi yang optimal terhadap pertumbuhan protokorm pada media VW. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari sembilan perlakuan dengan lima ulangan. Perlakuan yang diberikan berupa kontrol, ekstrak biji segar jagung konsentrasi 5, 10, 15, dan 20%, serta ekstrak kecambah jagung konsentrasi 5, 10, 15, dan 20% selama 12 minggu. Hasil penelitian menunjukkan, penambahan ekstrak biji segar dan kecambah jagung konsentrasi 5% dan 10% memberikan pengaruh hidup eksplan tertinggi (100%). Selanjutnya, penambahan ekstrak biji segar 20% menunjukkan hasil terbaik pada jumlah daun (2,72) dan akar (1,94). Pemberian ekstrak jagung tidak memberikan pengaruh yang berbeda nyata terhadap panjang akar. Sementara itu, media yang mengandung ekstrak kecambah jagung 5% menunjukkan hasil terbaik pada tinggi plantlet (17,34 mm). Berdasarkan hasil yang didapat, penambahan bahan organik ekstrak biji segar jagung konsentrasi 20% menunjukan hasil tertinggi terhadap jumlah daun dan akar, serta pemberian ekstrak kecambah jagung konsentrasi 5% menunjukan pengaruh yang optimal dalam mempengaruhi tinggi planlet anggrek G. scriptum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. M. Idris
Uncontrolled Keywords: ekstrak jagung, G. scriptum, kultur jaringan, protokorm, Vacin dan Went (VW)
Subjects: Q Science > QP Physiology
S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Biologi
Date Deposited: 16 Aug 2022 02:53
Last Modified: 16 Aug 2022 02:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/108861

Actions (login required)

View Item View Item