PROFIL KEHIDUPAN WANITA SALES COUNTER (Studi Kasus Wanita Sales Counter Toyota Cabang Auto 2000 Padang, Kotamadya Padang)

HIJRA, FEBRIKARDO (2014) PROFIL KEHIDUPAN WANITA SALES COUNTER (Studi Kasus Wanita Sales Counter Toyota Cabang Auto 2000 Padang, Kotamadya Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201410292352th_skripsi lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan kajian tentang kehidupan wanita yang melakoni peran ganda. Di zaman teknologi sekarang, sosok wanita karir merupakan fenomena umum, tidak sedikit wanita yang berperan ganda. Wanita tidak semata-mata berperan sebagai ibu rumah tangga bahkan telah banyak melakukan aktifitas diluar fungsinya sebagai ibu rumah tangga, wanita di sektor publik tanpa peran pria di sektor domestik dan sosial, menciptakan ketidakadilan baru, yaitu beban kerja yang lebih berat pada wanita. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan mendeskripsikan profil dan kehidupan ekonomi serta pembagian kerja dan alokasi waktu dalam rumah tangga wanita sales counter. Tipe penelitian ini deskriptif yang menggunakan metode kualitatif. Informan yang digunakan adalah informan kunci dan informan biasa. Sesuai dengan objek penelitian yang menjadi informan kunci dalam penelitian ini adalah wanita yang sudah berumah tangga bekerja sebagai sales counter di Auto 2000 by pass. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi alamiah dan wawancara. Analisis data berupa proses pengkajian hasil wawancara, pengamatan, dan dokumen yang telah terkumpul. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, Hal-hal yang menyebabkan wanita sales counter sebagai pencari nafkah pekerja wanita yakni membantu kebutuhan rumah tangga. Pekerjaan mencari nafkah juga dilakukan oleh suami, tapi karena pekerjaan tersebut kurang mencukupi, maka wanita berperan sebagai penunjang kebutuhan rumah tangga, bahkan terdapat wanita sebagai pencari nafkah utama diakibatkan suami yang tidak mempunyai pekerjaan yang tetap. Wanita yang bekerja sebagai pencari nafkah dan menambah penghasilan keluarga, memberi dampak terhadap rumah tangga, pengasuhan anak, dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: ms Meiriza Paramita
Date Deposited: 15 Jun 2016 08:39
Last Modified: 15 Jun 2016 08:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/10841

Actions (login required)

View Item View Item