REPRESENTASI MASKULINITAS DALAM IKLAN VASELINE MEN (Analisis Semiotika pada Iklan Vaseline Men Ganteng Maksimal)

Fauziahtun, Rahmany (2014) REPRESENTASI MASKULINITAS DALAM IKLAN VASELINE MEN (Analisis Semiotika pada Iklan Vaseline Men Ganteng Maksimal). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201410291330th_fauziahtun rahmany.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Belakangan tahun ini banyak bermuculan produk perawatan tubuh khusus pria. Beberapa diantaranya adalah produk perawatan wajah khusus pria. Dimana iklan perawatan wajah khusus pria ini yang juga dibintangi oleh pria, yang mana biasanya iklan semacam itu hanya dibintangi oleh para wanita untuk mempromosikan suatu produk kecantikan bagi wanita. Dengan semakin banyaknya iklan yang mempromosikan produk perawatan wajah khusus pria, akhirnya hal ini menjadi sebuah kebutuhan bagi para pria untuk memperhatikan urusan penampilan dan kebersihan wajah mereka serta sebagai wujud para pria untuk tampil maskulin. Penelitian ini menggunakan paradigma kritis. Untuk membahas hal tersebut, peneliti menggunakan teori Hagemoni Masculinity. Untuk melihat makna yang terdapat dalam iklan, peneliti menggunakan model Semiotika oleh Roland Bhartes dengan melihat makna denotasi dan konotasi yang terdapat pada iklan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan mengkontruksikan bentuk-bentuk maskulin baru dari pria masa kini. Para pria yang gemar merawat diri pada masa dulu masih dianggap tabu dan merambah wilayah feminim layaknya yang dilakukan para wanita. Namun, melalui iklan ini pria maskulin direpresentasikan sebagai pria yang memperhatikan urusan penampilan dan wajah mereka. Pria yang tampan, trendi serta memperhatikan urusan penampilan wajah mereka direpresentasikan sebagai pria maskulin masa kini. Mereka menggunakan barangbarang komersil untuk menunjang penampilan mereka. Kata kunci: Iklan, Hagemoni Maskulinitas, Roland Bhartes, Vaseline Men.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: ms Meiriza Paramita
Date Deposited: 15 Jun 2016 07:43
Last Modified: 15 Jun 2016 07:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/10834

Actions (login required)

View Item View Item