ANALISIS PERILAKU MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA (STUDI KASUS KELURAHAN BANDAR BUAT KECAMATAN LUBUK KILANGAN KOTA PADANG)

M. R, DENYA UTAMA (2015) ANALISIS PERILAKU MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA (STUDI KASUS KELURAHAN BANDAR BUAT KECAMATAN LUBUK KILANGAN KOTA PADANG). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Tesis Full Text)
201504091918th_tesis m r denya utama.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (734kB)

Abstract

Permasalahan sampah rumah tangga di Indonesia merupakan salah satu masalah klasik yang hingga saat ini masih belum ditemukan solusinya secara komprehensif, hampir di seluruh kota di Indonesia masih belum mampu menanggulangi masalah sampah rumah tangga dengan baik dan berkelanjutan . Permasalahan utama di dalam pengelolaan sampah di Indonesia adalah rendahnya akses terhadap layanan pengelolaan sampah. Kondisi ini disebabkan oleh lima faktor yaitu 1). Belum memadai perangkat peraturan yang mendukung pengelolaan sampah, 2). Penanganan atau pengelolaan sampah belum optimal, 3). Minim pengelola layanan persampahan yang kredibel dan professional dan 4). Belum optimal sistem perencanaan pengelolaan sampah serta, 5). Terbatasnya pendanaan untuk mendukung keseluruhan aspek pengelolaan sampah. Dalam pengelolaan sampah rumah tangga dalam perkotaan, seperti yang termaktub dalam Undang-Undang No 32 Tahun 2009 tentang pengelolaan lingkungan hidup harus berdasarkan konsep pembangunan yang berwawasan lingkungan. Konsep pembangunan berwawasan lingkungan itu adalah suatu upaya sadar dan berencana menggunakan dan mengelola sumber daya secara bijaksana dalam pembangunan yang berkesinambungan untuk meningkatkan mutu hidup.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: Mr Beni Adriyassin
Date Deposited: 14 Jun 2016 09:10
Last Modified: 14 Jun 2016 09:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/10792

Actions (login required)

View Item View Item