HUBUNGAN PERILAKU KESEHATAN DENGAN STATUS KARIES MURID KELAS V DAN VI SEKOLAH DASARDI PUSKESMAS ANDALAS KOTA PADANG TAHUN 2013

DWIFILIANAARNOFYAN, DWIFILIANAARNOFYAN (2014) HUBUNGAN PERILAKU KESEHATAN DENGAN STATUS KARIES MURID KELAS V DAN VI SEKOLAH DASARDI PUSKESMAS ANDALAS KOTA PADANG TAHUN 2013. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Tesis Full Text)
201504101143th_dwi filiana 1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (724kB)

Abstract

Karies Gigi merupakan penyakit pada gigi yang banyak dijumpai pada anak Sekolah Dasar di Indonesia. Faktor perilaku kesehatan terhadap kesehatan gigi dan mulut merupakan salah satu penyebab timbulnya masalah gigi dan mulut di masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk melihat hubungan antara perilaku kesehatan terhadap status karies gigi murid kelas V dan VI Sekolah Dasar di Puskesmas Andalas Kota Padang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan disain penelitian cross sectional. Pengumpulan data kuantitatif dilakukan dengan menggunakan kuesioner terhadap 310 responden untuk melihat gambaran perilaku (tingkat pengetahuan, sikap, dan tindakan) murid SD kelas V dan VI dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Tekhnik pengolahan data bivariat menggunakan uji chi-square dengan tingkat kepercayaan α 0,05 dan multivariat dengan uji regresi logistik. Hasil analisis kuantitatif ditemukan 55,81% murid SD memiliki pengetahuan kurang terhadap kesehatan gigi dan mulut, 50,65% murid SD memiliki sikap negatif dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut, 55,81% murid SD memiliki tindakan kurang dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut,22,6 %% umur > 12 tahun memiliki status karies jelek, dan 22,6% laki-laki mempunyai status karies jelek. Hasil analisis bivariat menunjukkan hubungan bermakna antara pengetahuan, sikap, tindakan dan jeniskelamin terhadap kesehatan gigi dan mulut dengan status karies gigi (DMF-T) (p<0,05). Dari hasil analisis multivariat diketahui bahwa tingkat pengetahuan dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut merupakan faktor paling dominan yang berhubungan dengan status karies gigi murid SD di Puskesmas Andalas Kota Padang tahun 2013 dengan OR tertinggi 1,457 dan nilai p 0,001. Saran kepada Pimpinan Puskesmas Andalas khususnya tenaga kesehatan gigi dan mulut agar pembinaan dan supervisi kepada murid SD diwilayah kerjanya terhadap pelaksanaan serta pencapaian program kesehatan gigi dan mulut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: Mr Beni Adriyassin
Date Deposited: 14 Jun 2016 09:05
Last Modified: 14 Jun 2016 09:05
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/10790

Actions (login required)

View Item View Item