MODEL EMIL (EDUCATION FOR MYOCARDIAL INFARCTION LITERACY) DALAM UPAYA PENINGKATAN KESEHATAN JANTUNG PADA PASIEN ST ELEVATION MYOCARDIAL INFARCTION

Huriani, Emil (2022) MODEL EMIL (EDUCATION FOR MYOCARDIAL INFARCTION LITERACY) DALAM UPAYA PENINGKATAN KESEHATAN JANTUNG PADA PASIEN ST ELEVATION MYOCARDIAL INFARCTION. Doctoral thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstract)
Repository. Model EMIL - Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (139kB)
[img] Text (Pendahuluan)
Repository. Model EMIL - Bab 1.pdf - Published Version

Download (158kB)
[img] Text (Kesimpulan dan Saran)
Repository. Model EMIL - Bab VII Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (109kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Repository. Model EMIL - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (259kB)
[img] Text (Disertasi Lengkap)
Repository. Model EMIL - Lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Latar Belakang: Tingginya angka perawatan ulang dan angka kematian setelah pemulangan pada pasien STEMI menuntut adanya perubahan gaya hidup secara paripurna sejak fase akut sampai pemulihan. Perawat memiliki peran penting sebagai pendidik/educator bagi pasien dalam melakukan upaya perubahan perilaku kesehatan. Namun intervensi yang tersedia belum bersifat memberikan dukungan dan belum disusun sesuai dengan kebutuhan pasien. Untuk itu, penting bagi pasien melakukan upaya peningkatan kesehatan jantung yang diajarkan melalui pendidikan kesehatan. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah terbentuknya model Education for Myocardial Infarction Literacy (EMIL) untuk pendidikan kesehatan pada pasien infark miokard akut dengan ST elevasi (STEMI) yang berpengaruh dalam peningkatan kesehatan jantung. Metode: Penelitian ini adalah penelitian multi phases yang terdiri dari 4 tahap penelitian. Penelitian tahap I terdiri atas 2 bagian yaitu penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif. Penelitian kuantitatif menggunakan survey deskriptif dilakukan untuk mengidentifikasi substansi pendidikan kesehatan pasien infark miokard pada saat rawat inap dan pasca rawat inap. Penelitian kualitatif menggunakan pendekatan fenomenologi untuk mengidentifikasi harapan pasien terhadap konstruksi pendidikan kesehatan khususnya metode dan media pendidikan kesehatan. Penelitian tahap II dilakukan untuk penyusunan blue print Model EMIL dan penelitian tahap III adalah pengembangan model EMIL. Penelitian tahap IV menggunakan desain non-equivalent control group, time series design. Intervensi yang diberikan berupa pendidikan kesehatan perorangan sebanyak 2 sesi yang diikuti dengan pemberian video edukasi. Pengukuran variabel dilakukan pada awal rawat inap, 1 bulan dan 3 bulan setelah pengukuran pertama. Variabel penelitian meliputi pengetahuan, sikap, perilaku kesehatan jantung, status emosional, perawatan ulang dan kematian. Analisis statistik yang digunakan adalah t-test dan General Linear Model-repeated measures (GLM-RM). Hasil: Hasil penelitian tahap I menunjukkan kebutuhan belajar yang tinggi dari pasien infark miokard pada saat di ruang rawat inap (Mean ± SD = 4,19 ± 0,39) dan pasca rawat inap (Mean ± SD = 4,15 ± 0,35). Harapan pasien tentang media pendidikan kesehatan adalah media cetak dan audiovisual sedangkan metode pendidikan kesehatan adalah ceramah individual. Pada tahap II dan III terbentuk Model EMIL yang terdiri dari pemberian dua sesi pendidikan kesehatan tatap muka perorangan dengan media berupa modul pendidikan kesehatan dan video edukasi. Hasil penelitian tahap IV menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan pengetahuan, peningkatan sikap, peningkatan perilaku, dan penurunan status emosional antara kelompok kontrol dan kelompok intervensi (p <0,05), serta tidak ditemukan adanya perawatan ulang dan kematian. Kesimpulan: Model Education for Myocardial Infarction Literacy (EMIL) yang dibentuk sesuai dengan substansi kebutuhan belajar pasien dan harapan pasien tentang konstruksi pendidikan kesehatan dapat meningkatkan pengetahuan, sikap, perilaku kesehatan jantung dan menurunkan status emosional pasien yang dapat berpengaruh terhadap penerapan perubahan gaya hidup.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S3 Kesehatan masyarakat FK UNAND
Date Deposited: 06 Jul 2022 02:40
Last Modified: 06 Jul 2022 02:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/107008

Actions (login required)

View Item View Item