KOMPOSISI DAN STRUKTUR POHON PADA HABITAT FLORA LANGKA Rafflesia arnoldii R.Br. DI HUTAN BUKIK PINANG MANCUANG, KAMANG MUDIAK, AGAM

Dimas, Surya Pratama (2022) KOMPOSISI DAN STRUKTUR POHON PADA HABITAT FLORA LANGKA Rafflesia arnoldii R.Br. DI HUTAN BUKIK PINANG MANCUANG, KAMANG MUDIAK, AGAM. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (211kB)
[img] Text
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (81kB)
[img] Text
Bab V Penutup.pdf - Published Version

Download (133kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (217kB)
[img] Text
Skripsi Full Text.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komposisi dan struktur vegetasi pohon habitat Rafflesia arnoldii di hutan Bukik Pinang Mancuang, Kamang Mudiak, Agam. Penelitian telah dilaksanakan pada bulan Oktober hingga Desember 2021. Penelitian ini menggunakan metode kuadrat dengan pengambilan sampel menggunakan plot dengan ukuran 40 x 40 m. Selanjutnya pada plot tersebut dibuat sub plot berukuran 10 x 10 m sebanyak 16 sub plot. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan ditemukan 15 famili yang terdiri dari 23 genus, 33 spesies dan 53 individu dengan famili Phyllanthaceae sebagai famili dominan, dan famili Moraceae, Lauraceae, dan Meliaceae sebagai famili co-dominan. Adapun INP tertinggi pada spesies Palaquium gutta (Hook.) Baill sebesar 33,27 % dan INP yang terendah terdapat pada spesies Ficus fistulosa Reinw. ex Blume sebesar 4,25%. Sedangkan untuk nilai indeks keanekaragaman (H’=3,31) dimana nilai tersebut menunjukkan tingkat keanekaragaman vegetasi pohon pada habitat Rafflesia arnoldii di kawasan hutan ini tergolong tinggi. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa famili Phyllanthaceae, Moraceae, Lauraceae, dan Meliaceae merupakan famili yang menjadi penunjang kehidupan Rafflesia arnoldii di hutan Bukik Pinang Mancuang, Kamang Mudiak, Agam. Adapun saran dari peneliti adalah agar pemerintah daerah dan masyarakat mengusulkan hutan ini sebagai kawasan konservasi karena merupakan habitat dari flora langka Rafflesia arnoldii.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QH Natural history
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Biologi
Date Deposited: 29 Jun 2022 07:16
Last Modified: 29 Jun 2022 07:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/106558

Actions (login required)

View Item View Item