Pengaruh Pemberian Beberapa Konsentrasi Elisitor Cu2+ pada Medium Murashige dan Skoog (MS) dalam Produksi Artemisinin pada Kalus Artemisia vulgaris L. secara In Vitro

Raudhatul, Jannah (2016) Pengaruh Pemberian Beberapa Konsentrasi Elisitor Cu2+ pada Medium Murashige dan Skoog (MS) dalam Produksi Artemisinin pada Kalus Artemisia vulgaris L. secara In Vitro. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan .pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Kesimpulan)
Bab V Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (964kB)

Abstract

Penelitian tentang pengaruh pemberian beberapa konsentrasi elisitor Cu2+ pada medium Murashige dan Skoog (MS) dalam produksi artemisinin pada kalus Artemisia vulgaris L. secara in vitro telah dilaksanakan pada bulan Agustus2015 hingga Februari 2016 di Laboratorium Kultur Jaringan, Laboratorium Riset Fisiologi Tumbuhan, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dan Laboratorium Kimia Organik Bahan Alam, Fakultas Farmasi,Universitas Andalas, Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beberapa konsentrasi elisitor Cu2+ pada media MS yang dapat meningkatkan kadar artemisinin pada kalus A. vulgaris. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode eksperimen menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri atas lima perlakuan dan lima ulangan. Terdapat 5 taraf perlakuan pemberian Cu2+ (0 ppm; 2,5 ppm; 5 ppm; 7,5 ppm dan 10 ppm). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian Cu2+ pada medium perlakuan mampu meningkatkan kandungan artemisinin dibandingkan dengan kontrol (0 ppm Cu2+). Kadar artemisinin tertinggi adalah 0,00790% dengan penambahan 7,5 ppm Cu2+. Kata Kunci :Artemisinin, Artemisia vulgaris, Cu2+, elisitor, kalus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: s1 biologi biologi
Date Deposited: 28 Jun 2016 03:40
Last Modified: 28 Jun 2016 03:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/10632

Actions (login required)

View Item View Item