Analisa Peralihan Sistem Automatic Voltage Regulator Arus Searah Dengan Pengendali Kaskade Menggunakan Metode Pidtune Model Paralel

Bobby, Zulkarnain (2022) Analisa Peralihan Sistem Automatic Voltage Regulator Arus Searah Dengan Pengendali Kaskade Menggunakan Metode Pidtune Model Paralel. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1 Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (291kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
2 Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (289kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
3 Bab V Penutup.pdf - Published Version

Download (282kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (268kB)
[img] Text (Tugas Akhir Lengkap)
5 Tugas Akhir.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Semakin pesat perkembangan teknologi penggunaan energi listrik dapat menyebabkan beban yang berubah-ubah pada generator yang dapat membuat kerja generator tidak stabil. Ketidakstabilan tegangan generator ini dapat diatasi oleh suatu peralatan Automatic Voltage Regulator (AVR) yang mengatur arus eksitasi dari generator secara otomatis sehingga dapat menjaga tegangan keluaran generator pada level yang ditentukan. Sistem AVR tidak selalu bekerja optimal dalam pengoperasiannya, maka dibutuhkan pengendali tambahan pada sistem AVR agar sistem beroperasi lebih optimal. Pada penelitian ini dirancang sistem AVR dengan pengendali kaskade menggunakan PIDTune model Paralel. Pengendali yang dirancang adalah variasi dari pengendali Proportional Integral Derivative (PID) yaitu P, I, PI, PD, PID, PDF, dan PIDF. Penelitian ini berfokus menganalisa nilai informasi yang mempengaruhi analisa tanggapan peralihan sistem. Dari hasil analisa, terdapat beberapa pengendali yang memenuhi kriteria perancangan yaitu pengendali kaskade P-PD, P-PDF, PD-P, PD-PD, PD-PDF, PD-PIDF, PDF-P, PDF-PD, PDF-PID, PDF-PDF, dan PDF-PIDF. Pengendali-pengendali yang memenuhi kriteria tersebut memiliki performansi yang baik karena pengendalian sistem yang cepat, halus dan akurat, serta sesuai dengan kriteria perancangan sistem AVR arus searah pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Heru D. Laksono, M.T.
Uncontrolled Keywords: AVR, Kaskade, PID, PIDTune
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 27 Jun 2022 04:58
Last Modified: 27 Jun 2022 04:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/106069

Actions (login required)

View Item View Item