MENGANALISA SPATIAL PENETRATION AIRBNB PADA KOTA-KOTA BESAR DALAM KAITANNYA DENGAN STASIUN KERETA, HOTEL, DAN ATRAKSI TURIS

Kenly, Muliana Pamadi (2021) MENGANALISA SPATIAL PENETRATION AIRBNB PADA KOTA-KOTA BESAR DALAM KAITANNYA DENGAN STASIUN KERETA, HOTEL, DAN ATRAKSI TURIS. Other thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak Kenly Muliana Pamadi.pdf - Published Version

Download (683kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB 1 Kenly Muliana Pamadi.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Penutup)
Penutup Kenly Muliana Pamadi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka Kenly Muliana Pamadi.pdf - Published Version

Download (720kB)
[img] Text (Laporan)
Laporan Kenly Muliana Pamadi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Sejak didirikan pada tahun 2008, Airbnb telah menjadi sangat terkenal di banyak kota- kota besar di dunia. Airbnb telah berkembang menjadi sebuah wadah teknologi yang memungkinkan individu pemilik unit rumah untuk menyewakan kamar/unit rumah kosongnya kepada orang lain. Namun, keberadaan Airbnb juga memiliki potensi untuk merusak perekonomian kota terutama berkaitan dengan kompetisi antara Airbnb dan hotel. Dalam penelitian ini, penulis akan mempelajari spatial penetration Airbnb di kota-kota besar dalam relasinya dengan stasiun keretea, hotel, dan atraksi turis. Penulis akan menganalisa korelasi antara jumlah Airbnb listing di suatu daerah dengan jumlah stasiun kereta, jumlah hotel, dan kedekatannya dengan tempat atraksi turis. Penulis juga akan mengobservasi jarak rata-rata dari sebuah Airbnb listing dengan stasiun kereta, hotel, dan atraksi turis terdekat untuk meneliti apakah ada sarana kota tertentu yang lebih mudah diakses dibanding sarana kota lainnya. Dalam penelitian ini, penulis akan fokus kepada enam kota besar yang tersebar di seluruh dunia, yaitu: Berlin, London, New York, Paris, Singapore, dan Tokyo. Hasil penelitian ini menemukan bahwa Airbnb listing memiliki nilai korelasi yang cukup rendah terhadap stasiun kereta (rata-rata dari enam kota: 0,3823) dan hotel (rata-rata dari enam kota: 0,5523), tetapi memiliki korelasi yang sangat tinggi terhadap atraksi turis (rata-rata dari enam kota: 0,9315). Penulis juga mendapatkan bahwa jarak rata-rata dari sebuah Airbnb listing ke stasiun kereta (rata-rata dari enam kota: 435,78 m) dan hotel (rata-rata dari enam kota: 592,64 m) adalah sanagat dekat dan dapat ditempuh dengan berjalan kaki. Sementara dalam kaitannya dengan atraksi turis, walaupun lebih jauh tetapi jarak rata-rata tersebut masih tergolong dekat (rata-rata dari enam kota: 2886,46 m). Kata Kunci: Airbnb listing, spatial penetration, korelasi, jarak rata-rata

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: Profesi Insinyur Pasca
Date Deposited: 28 Jun 2022 04:56
Last Modified: 28 Jun 2022 04:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/105978

Actions (login required)

View Item View Item